Yuk Lihat Sejarah Di Balik Lambang Atau Logo Mobil-Mobil Ternama

Hallo guys, kamu pasti sudah tahu kan lambang atau logo? Setiap perusahhan kendaraan, supermarket, rumah sakit dan lain-lain memiliki lambang atau logo itu sendiri dengan makna tertentu. Filosofinya akan memberikan suatu kekuatan dalam berkarya agar perusahaan tersebut bisa lebih maju. Disini, gue mau membahas makna dari logo-logo dari perusahaan kendaraan mobil. Yuk, kita simak saja.

1. Toyota

Lambang pertama yang akan dibahas adalah lambang dari Toyota. Toyota sendiri sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat seluruh dunia apalagi Indonesia. Toyota merupakan pabrik mobil terbesar di dunia. Sejak memasuki pasar global ternyata Toyota tidak memiliki lambang atau logo. Pada tahun 1989, barulah Toyota secara resmi mengeluarkan lambang atau logo dengan memilih dua lingkaran elips yang bersentuhan satu sama lain dan berada dalam lingkaran yang sama yang lebih besar.

Toyota memilih lambang ini karena mirip dengan huruf T dan merupakan huruf pertama dari nama perusahaan. Berdasarkan situs resmi yang dikeluarkan oleh Toyota bahwa tiga elips yang digunakan untuk lambang memiliki arti sendiri-sendiri. Pada bagian elips pertama mewakili pelanggang Toyota, pada bagian elips kedua melambangkan komitmen untuk memberikan yang terbaik dan memuaskan pelanggan dan pada bagian elips ketiga memiliki arti sebagai kemungkinan yang terbentang tanpa batas bagi teknologi dan inovasi. Sekarang kamu mulai mengerti dari lambang atau logo pada Toyota.

2. Ferrari

Lambang atau logo untuk produsen kedua adalah Ferrari, seperti kita ketahui selama ini bahwa perusahaan Ferrari ini sudah sangat familiar di kalangan pecinta mobil sport dengan tenaga yang besar. Lambang yang digunakan untuk mobil ini adalah kuda jingkrak yang merupakan logo Ferrari sejak lama. Awal mulanya lambang ini ketika Enzo Ferrari yang merupakan pendiri Ferrari bertemu dengan ibu dari pilot perang dunia, pada pertemuan tersebut sang ibu pilot itu menyarankan Enzo Ferrari untuk menempatkan lambang kuda pada mobil yang digunakan untuk balapan.

Karir Enzo Ferrari pada dunia balap mobil terbilang sangat sukses. Lambang kuda yang disarankan oleh ibu dari pilot itu memiliki harapan Enzo akan terus dilindungi oleh keberuntungan. Pada tahun 1932 Enzo memakai lambang kuda pada mobil balapnya Alfa Romeo dari tim balap Scuderia yang mengikuti ajang Grand Prix di Belgia. Lambang kuda dengan background warna kuning menjadi ciri khas dairi Ferrari.

3. Chevrolet

Lambang atau logo untuk produsen mobil ketiga adalah Chevrolet, seperti yang kita ketahui bersama, mobil dari pabrikan ini terbilang sangat diminati kalangan menengah ke atas karena bentuk dan tenaganya yang besar. Louis Chevrolet pada awalnya nyaris tidak terkait dalam usaha pemasaran mobil yang akan menyandang namanya. Chevrolet adalah seorang pembalap bagi Alfa Romeo dan Buick. Chevrolet bertemu dengan Milliam C. Daurant yang dipecat dari perusahaan General Motors. Mereka akhirnya membuat mobil dengan logo bow tie yang tidak sengaja ditemukan oleh William Daurant pada wallpaper hotel di Paris pada tahun 1908.

Ada beberapa pendapat bahwa logo pada mobil ini merupakan stilassi tanda silang bendera Swiss yang merupakan tempat Louis Chevrolet lahir. Sejarah perkembangan produsen mobil ini mengalami beberapa kali perubahan dalam logo , namun dalam warna dan detail tetap mempertahankan bentuk dasar dan pada akhirnya tahun 2004 hingga sekarang logo untuk mobil ini menggunakan warna kuning emas yang memberikan isyarat “Gold Standard”.

4. BMW

Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling. Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya ‘Red Baron’ untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I. Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW.

Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, sepeda motor, dan lalu mobil yang mendunia.

5. Volkswagen

Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di dunia. Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru. Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti ‘mobil rakyat’. Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess. Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat.

Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil. Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya. Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya. Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior. Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.

Sudah tahu kan sejarahnya logo atau lambang dari mobil-mobil kelas dunia ini. Masih banyak lagi lambang yang menjadi arti tersendiri. Sekian info dari gue semoga dengan begini lho semua jadi tau kalau logo-logo tersebut punya arti dan bukan sembarangan dibuat untuk dijadikan hiasan semata. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *