Menghilangkan Rasa Terhadap Mantan, Berikut Caranya

Ada prinsip yang harus anda ketahui dalam masa pacaran yaitu kalau tidak berakhir di pelaminan pasti putus di tengah jalan. Kalau berakhir di pelaminan pasti rasa bahagia yang kita rasakan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Nah, bagaimana dengan saat kita sudah mulai nyaman namun di tinggal begitu saja? Waduh, pasti rasanya sakit hati, emosi, marah dicampur jadi satu dan bahkan yang ekstreamnya ada sampai yang ingin bunuh diri. Jangan sampai kayak gitu ya guys!

Menghilangkan rasa cinta yang mendalam terhadap seseorang yang dulu pernah mengisi kehidupan kita memang sangat susah. Niat dalam hati sebenarnya sudah sangat kuat bahwa tak ingin mengingat dirinya lagi.

Namun, apa daya kebiasaan yang selalu di lalui bersama oleh dirinya terkadang yang membuat kenangan bersama dengannya susah untuk dilupakan. Tapi, akan terasa menyakitkan lagi apabila hubungan ini terus dijalanin, namun tak ada arah atau tujuan ke depannya.

“Sudah coba berbagai cara agar kita tetap bersama, yang tersisa dari kisah ini hanya kau takut ku hilang. Perdebatan apapun menuju kata pisah, jangan paksakan genggamanmu”.

Mungkin sepenggal bait lagu miliknya Tulus tersebut dapat membuat kita sadar bahwa, hubungan terus dijalani namun akan berakhir juga sama saja dengan percuma.

Dalam suatu hubungan jika satu orang saja yang berjuang sama saja dengan percuma. Lebih baik akhiri hubungan itu dari sekarang walau rasa cinta yang kita rasakan terhadap dia sangat mendalam.

Nah, kali ini kami akan membantu para kawula muda untuk menghilangkan rasa cinta yang mendalam terhadap mantan kekasih. Bagaimana caranya? Yuk, kita simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu Rasa Cinta?

Rasa cinta adalah emosi yang berasal dari kasih sayang yang kuat dan rasa tertarik terhadap suatu objek dapat berupa apa saja seperti manusia, hewan, tumbuhan, alat-alat dan lain sebagainya dengan cenderung ingin berkorban, memiliki rasa empati, perhatian, kasih sayang, ingin membantu dan mau mengikuti apapun yang di inginkan oleh objek yang di cintainya.

Sebenarnya rasa cinta itu sulit untuk di definisikan karena sifatnya subjektif, jadi setiap individu dapat memiliki pemahaman yang berbeda mengani perasaan ini, tergantung bagaimana anda menghayati dan pengalaman yang anda alami.

Teori Cinta dalam Dunia Psikologi

Dalam beberapa kasus, cinta dapat dirumuskan menggunakan teori. Beberapa ahli psikologi berhasil mengelompokan tentang apa yang sebenarnya semua orang ingin tahu mengenai kemisteriusan dari perasaan yang hampir semua orang dapat merasakanya, entah dari orang tua, kekasih, teman atau lainnya. Dan berikut merupakan teori-teori cinta menurut para ahli.

1. Cinta karena nafsu

Yaitu cinta yang mengakibatkan hubungan antar dua orang yang tidak dapat terkontrol lagi, emosi sangat menguasai akal sehat seseorang sehingga perilaku seolah terjadi secara spontan untuk menjawab rangsangan emosi yang berlebihan. Memang benar kata orang kalau cinta dan nafsu itu beriringan.

2. Cinta pragmatis

Yaitu cinta terjadi keseimbangan antara dua orang dimana biasanya mereka akan sama-sama memiliki rasa suka dan duka, serta adanya timbal-balik dalam saat saling menyanyangi.

3. Cinta altruistik

Biasanya terjadi pada seorang ibu kepada anaknya, cinta ini disertai kasih sayang yang tidak ada batasnya. Cinta itu berada pada ranah emosional dan rasional.

Cinta emosional ini datang dan pergi tanpa diprediksi, misalkan anda mencintai pada pandangan pertama, meski anda tak bahagia bersamanya, namun anda tetap mencintainya.

Cara Hilangkan Perasaan Sayang Dengan Mantan

Jika tersiksa oleh perasaan sayang yang tidak tersampaikan, kita pasti ingin mencari cara untuk melupakan rasa sayang tersebut agar anda bisa kembali melanjutkan hidup dengan tenang seperti sebelumnya.

Tidak perlu lagi merasa sakit hati dan gundah gulana akibat memendam perasaan tentang orang lain yang mungkin sudah keluar dari kehidupan kita. Bagaimana caranya agar bisa menghilangkan rasa sayang tersebut, lakukanlah beberapa hal berikut ini:

  • Jangan Pernah Mengingat Kenangan Bersama Dia

Sebisa mungkin melupakan kenangan bersama mantan merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan rasa cinta yang Mendalam.

“Ada yang tersakiti, namun tetap menjalani kisah asmaranya. Seperti halnya enggak apa-apa sesak, yang penting bisa bernapas”.

Sepenggal kalimat di atas akan langsung terasa “JLEEB” banget di hati kita bagi yang pernah merasakan. Rasanya ingin melepaskan karena hati sudah tak kuat untuk menjalani, namun bingung bagaimana caranya melepaskannya.

Jika kamu sudah tau waktu yang tepat dan momen yang pas untuk melepaskan dirinya ataupun dia yang telah pergi meninggalkan dirimu.

Mulai dari sekarang jangan pernah ingat kenangan ataupun hal-hal indah yang dilalui bersama dia. Awalnya memang terasa sangat susah namun seiring berjalannya waktu pasti bisa melupakan dirinya juga.

  • Kurangi Komunikasi dengan Mantan

Sebisa mungkin komunikasi dengan mantan dihilangkan dengan segera. Apabila si mantan terkadang masih sering menghubungi dengan menanyakan bagaimana keadaan anda sekarang saat sudah tak bersamanya lagi, yah sebaiknya jangan di balas pesan tersebut.

Memang sih jika masih memiliki rasa cinta yang mendalam ingin rasanya membalas pesan itu dengan segera. Namun, jika tetap anda membalasnya, sama saja anda tidak akan pernah bisa melupakannya, karena selalu ingat dengan dirinya melulu.

  • Cari Kesibukan

Biasanya jika baru putus dari pacar, waktu kosong yang kita miliki banyak digunakkan untuk memikirkan dia. Sibuk mendengarkan lagu galau, sibuk mengumpulkan barang pemberian dia.

Pokoknya waktunya bermelow-melow ria deh. Duh, guys move on dong! Jika baru putus sih, sehari atau dua hari sih boleh yah seperti itu. Namun, jika rasa galau yang kamu rasakan lebih dari sebulan akan sangat menyia-nyiakan hidupmu.

Coba cari kesibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang positif. Misalnya kumpul bareng teman atau jika teman yang lain tak ada waktu untukmu kalian bisa kok memulai bisnis baru misalnya jualan online shop atau hal apapun yang membuat waktu luang kalian berguna.

  • Jadilah Pribadi yang Banyak Disukai Orang

Putus dengan pacar bukan artinya dunia kalian harus berakhir hanya sampai di sini guys. Cobalah mulai intropeksi diri dari sekarang mengapa pengalaman pahit tersebut menimpa kalian. Pikirkan sikap dan prilaku diri kalian, apakah ada yang salah atau tidak.

Mengapa pasangan bisa memutuskan kalian. Apakah pribadi kalian ada yang kurang menarik? Atau dari segi penampilan? Coba benahi diri sendiri mulai dari sekarang.

Bersikaplah ramah dan baik terhadap semua orang. Hal ini sangat bagus karena dengan banyak disukai oleh semua orang, akan tumbuh semangat dari diri sendiri.

  • Ingat Sifat Buruk Mantan

Setiap orang pasti memiliki sifat buruk, begitu pula dengan mantan kita. Pasti ada sifat buruk dari dirinya yang tak kita sukai. Jika hati ini sedang merasakan perasaan galau, ingat saja sifat buruk mantan.

Pikirkan dengan kepala jernih, apakah kalian mau tetap ingin mempertahankan hubungan dengan orang yang memiliki sifat buruk.

Misalnya saja mantan kalian memiliki sifat yang posesif, egois atau tak mau mengalah. Bagaimana jika sudah menikah nanti? Lebih baik berpisah sekarang dari pada harus berpisah saat sudah menikah nanti.

  • Olahraga

Mungkin saran ini terdengar klise, tapi ada alasan pasti mengapa olahraga bisa membantu anda melupakan dia. Olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga baik untuk kesehatan mental.

Olahraga juga bisa membantu meningkatkan mood dan membuat anda menjadi lebih segar. Dengan tubuh yang sehat dan segar, secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan diri dan membuat anda lebih positif dalam menjalani hidup.

  • Mencari Kebutuhan Lain

Mulai cari dari sekarang apa yang anda butuhkan dari orang yang ingin anda cintai nanti. Jika anda sudah tahu kebutuhan apa yang ingin anda dapatkan dari orang lain.

Anda sudah mulai bisa mencarinya. Bertemanlah dengan siapa saja yang bisa membuat dirimu nyaman saat berada di sampingnya.

Manusia itu diciptakan Tuhan dengan berbagai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Pasti ada orang lain di luar sana yang memiliki sifat yang anda butuhkan.

  • Pikirkan Masa Depan

Mulai dari sekarang, pikirkan masa depan dan tujuan hidup apa yang ingin anda jalani nanti. Fokus pada masa depan akan membuat anda melupakan dia sedikit demi sedikit.

Inget ya guys, manusia sudah diciptakan berpasang-pasangan. Jadi enggak usah buang-buang waktu dengan mendengarkan lagu galau. Malah akan membuat diri kalian menjadi sesosok pribadi yang tak tahu arah ke depannya nanti ingin bagaimana.

Jadilah pribadi yang disegani banyak orang. Fokus dan tekunlah bekerja bisa membuat kalian menghilangkan rasa cinta yang mendalam terhadap mantan.

Jika di kantor kalian ada lembur, coba saja ambil lembur tersebut agar waktu kosong yang biasanya digunakan untuk bersedih tak terbuang dengan percuma guys.

  • Cari Pengganti Dirinya Mulai dari Sekarang

Jika anda baru diputusin pacar, jangan sampai langsung mencari pengganti dirinya dengan cepat, karena anda pasti enggak mau kan di cap sebagai manusia murahan olehnya walau memang terkadang obat putus cinta yang paling mujarab adalah dengan adanya seseorang baru yang ada di dalam kehidupan kita.

Berikan ruang dan waktu terhadap diri sendiri sebelum anda memutuskan mencari penggatinya. Jangan sampai emosi atau sakit hati ujung-ujungnya anda salah memilih pasangan untuk mkesikian kalinya. Waktu yang diperlukan tergantung dari masing-masing pribadi.

Jika memang sudah waktunya membuka hati untuk orang baru. Segeralah mencari tambatan hati yang baru lagi. Namun, jangan sampai dilupakan nih.

Sebisa mungkin buang semua sifat buruk yang ada dalam diri kalian, jangan sampai sifat buruk itu kembali muncul saat bertemu dengan orang baru.

Yakinlah bahwa orang baru yang ingin kamu cari harus lebih baik dari yang sebelumnya. Ingatlah, waktu yang sudah terbuang dengan percuma bersama mantan, jangan sampai terulang lagi dengan orang baru yang akan mengisi hatimu kelak.

Rasa sayang atau cinta memang tidak mudah dihapuskan dalam sekejap mata. Apalagi jika yang ingin dilupakan adalah cinta pertama. Namun, harus diingat bahwa semua usaha untuk melupakan itu adalah untuk kebaikan diri kita sendiri dan agar kita tidak terus terjebak dalam kenangan masa lalu yang tidak baik untuk hidup kita selanjutnya.

Itulah tadi sekilas tentang cinta dan cara menghilangkan perasaan anda terhadap mantan yang mungkin saat ini masih anda sayangi namun berat untuk anda lupakan.

Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan anda wawasan dan pengetahuan yang baru yang mungkin sebelumnya anda kesulitan untuk melupakan mantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *