Terungkap, Tomat Itu Ternyata Sayur Dan Bukan Buah-Buahan

Pasti banyak dari kalian semua yang berdebat dengan teman masing-masing masalah apakah tomat itu buah atau sayur. Manakah yang paling benar jawabannya diantara kedua pertanyaan tersebut? Secara teknis, tomat memang tergolong dalam jenis buah-buahan, namun secara sah tomat sebenarnya dimasaukkan dalam kategori sayuran. Kok bisa ya? Inilah penjelasannya.

Alasan tomat itu sayur

Dilansir dari Daily Meal, perdebatan ini sudah terjadi sejak abad ke 19. Kala itu, Salah satu anggota Supreme Court atau Mahkamah Agung yang ada di Amerika Serikat melontarkan pertanyaan, “Apakah tomat termasuk dalam buah-buahan atau sayuran?”

Pertanyaan ini dilontarkan kepada seorang importir buah yang kala itu mengatakan bahwa tomat adalah buah dan seharusnya dikenakan pajak buah-buahan. Kala itu impor sayuran dikenakan pajak 10 persen, sedangkan buah tidak kena pajak.

Buah sendiri mengacu pada struktur yang membungkus atau melindungi biji tumbuhan. Dan meskipun pihak Mahkamah Agung tahu bahwa secara ilmu tumbuh-tumbuhan, tomat secara teknis termasuk golongan buah-buahan, namun mereka memutuskan bahwa tomat harus dikenakan pajak sayuran karena tomat kerap digunakan untuk kebutuhan memasak.

Kita tidak bisa menyangkal bahwa tomat memang lazim ditemukan di dalam salad, sup dan roti isi ketimbang di dalam kue-kue, es krim atau makanan pencuci mulut lain. Singkatnya, setelah perdebatan mengenai status tomat, barangkali Anda mempunyai pendapat sendiri mengenai apakah tomat termasuk dalam golongan buah atau sayur. Berdasarkan pertimbangan di atas, tomat masuk dalam kategori sayur dan bukan buah seperti mengutip Daily Meal, Kamis (15/6/2017).

Tomat dari sudut pandang botani

Jika dipandang dari sudut botani atau ilmu tumbuhan, maka tomat termasuk buah. Buah adalah bagian tanaman yang tumbuh dari bunga. Bagian ini juga mengandung biji. Sementara itu, bagian lain dari tanaman seperti batang seledri, daun seperti selada, akar misalkan wortel dan bunga misalkan brokoli tergolong sayuran.

Jadi mentimun, kacang hijau, labu, buncis-buncisan, polong-polongan, jagung dan cabai-cabaian juga termasuk ke dalam golongan buah lho. Meskipun, pada kenyataannya jika sedang berbelanja ke pasar, mungkin kamu akan menjumpai bahwa mereka akan dikumpulkan bersama dengan sayur-sayuran.

Tomat dari sudut pandang kuliner

Jika ditinjau dari sudut pandang kuliner, maka tomat ini termasuk sayuran. Kenapa kok dimasukkan ke dalam jenis sayuran? Karena dalam bidang kuliner, sayuran biasanya disajikan dalam hidangan gurih, sementara buah diolah menjadi dessert, camilan, atau minuman. Selain itu Sayuran terasa kurang manis atau lebih gurih dibanding buah yang manis atau asam.

Dari penjelasan di atas, kita tak hanya mengetahui apa sebenarnya ‘status’ tomat, akan tetapi juga bisa menemukan fakta yang lain. Yaitu, ternyata tomat tidaklah sendirian, yang sebenarnya secara botani termasuk buah akan tetapi dalam bidang kuliner dianggap sayuran. Uniknya, malah ada yang sebenarnya termasuk sayuran jika dilihat dari sudut pandang botani akan tetapi di bidang kuliner malah dianggap buah. Diantaranya yaitu bengkoang.

Tambahan lagi, dalam perkembangannya ternyata sekarang ini buah tomat tak hanya dimanfaatkan di bidang kuliner saja, akan tetapi juga dalam bidang kecantikan. Tomat dipercaya memiliki manfaat yang bagus buat kulit wajah, yaitu mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Itu karena buah tomat kaya akan kandungan vitamin C.

Pengertian buah

Buah yang tumbuh dari biji di pohon-pohon. Buah yang tumbuh sesuai dengan perubahan iklim yang berbeda di negara atau wilayah berbeda. Buah yang kaya vitamin seperti vitamin A, C, E dan banyak lagi. Beberapa buah-buahan yang diambil tanpa mengupas kulit mereka karena kehadiran mineral penting atau vitamin di kulit mereka. Misalnya, kulit apel kaya akan zat besi. Beberapa buah-buahan seperti jeruk atau pisang yang dikupas sebelum dimakan. Botanikal, buah-buahan yang dikembangkan dari bunga tanaman.

Tunas terbentuk pada batang tanaman yang dikonversi menjadi bunga dan yang akhirnya berubah menjadi buah. Dalam ovarium dari bunga, setelah pembuahan terjadi, embrio mulai terbentuk dan bakal biji sekitarnya menjadi buah.

Pengertian sayuran

Sayuran yang dimakan oleh banyak orang di seluruh dunia dan kaya akan selulosa, protein, mineral dan vitamin. Sayuran secara teknis akarnya dapat dimakan seperti dalam kasus kentang atau dimakan batang, daun atau bagian lunak lainnya dari tanaman. Kebanyakan orang juga mengkategorikan sayuran sebagai sumber hidangan utama makanan mereka. Pati sayuran seperti bit atau kentang tinggi gula juga kalori.

Mereka yang vegatarian, akan makan sayuran sebagai bagian besar dari kehidupan mereka karena mereka menghitung sederhana tidak makan apa pun selain dari sayuran ini. Sebagian besar rencana diet juga terdiri dari asupan sayuran yang tinggi.

Bedanya buah dan sayuran

Perbedaan utama adalah sebagian besar buah mengandung biji yang mampu berkembang menjadi tanaman baru dengan kebanyakan sayuran tidak menyertakan biji. Meskipun beberapa sayuran digunakan dalam reproduksi tanaman, namun mereka tidak dianggap sebagai buah buah seperti bengkoang.

Singkatnya, buah adalah ovarium matang dari tanaman dan mengandung biji, sedangkan sayuran adalah salah satu dari bagian tanaman yang dapat dimakan, selain ovarium. Namun, ada sayuran tertentu yang mengandung biji-bijian dan ada beberapa buah yang tidak memiliki biji. Jadi ada pengecualian untuk aturan umum ini.

Kesimpulan : fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, dikenal ada sebutan tomat buah, tomat sayur serta tomat lalapan. Walaupun faktanya, struktur tomat adalah struktur buah.

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami paparkan, sekarang sudah jelas banget kan kalau tomat itu sebenarnya bukan buah melainkan sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *