Manfaat Tidur Menghadap Sisi Kiri

Kita semua tahu bahwa durasi tidur sangat penting untuk kesejahteraan mental dan fisik, tetapi ternyata bahwa posisi tidur mungkin faktor penting lain dalam upaya untuk kesehatan yang optimal.

Secara khusus, tubuh kecil penelitian menunjukkan bahwa, bagi banyak orang, tidur di sisi kiri mungkin tiket untuk kesehatan yang lebih baik dan lebih baik tidur. Teori berasal dari Ayurveda, pendekatan holistik untuk kesehatan dan obat-obatan yang berasal dari India.

Jadi mengapa semua berdebat tentang tidur di sebelah kiri? Berubah keluar mungkin baik untuk pencernaan kami, punggung, dan bahkan hati kita karena posisi organ yang berbeda. Berikut adalah enam potensi manfaat yang mungkin diturunkan dari berbaring di sisi kiri.

1. mendukung sistem limfatik.

Menurut pengobatan Ayurvedic, tidur di sisi kiri memungkinkan tubuh Anda untuk lebih menyaring getah bening cairan dan limbah melalui kelenjar getah bening sebagai sisi kiri tubuh kita adalah sisi limfatik yang dominan. Penelitian Barat juga telah menemukan bahwa tidur di sebelah kiri dapat membantu proses tubuh bahan limbah dari otak. Sebaliknya, tidur di sisi kanan Anda dapat menurunkan efisiensi sistem limfatik.

2. dapat meningkatkan pencernaan.

Ketika datang untuk pencernaan, tidur di sisi kiri mungkin lebih baik ke kanan karena masalah sederhana gravitasi. Secara khusus, berbaring di sebelah kiri memungkinkan limbah makanan untuk dengan mudah memindahkan dari usus besar ke usus besar menurun (yang berarti Anda lebih mungkin untuk memiliki gerakan usus setelah bangun). Tidur di sebelah kiri juga memungkinkan perut dan pankreas untuk menggantung alami (perut kita terletak di sisi kiri tubuh), yang dapat menjaga pengembangan enzim pankreas dan proses pencernaan lainnya bersenandung. (Perlu bantuan memvisualisasikan proses ini? Berkonsultasi dengan gambar di atas).

3. sangat baik bagi jantung Anda.

Dokter telah lama merekomendasikan bahwa wanita hamil tidur di sebelah kiri mereka untuk meningkatkan sirkulasi ke jantung. Bahkan jika Anda tidak hamil (atau seorang wanita), tidur di sisi kiri dapat membantu untuk mengambil beberapa tekanan dari jantung, seperti gravitasi dapat memfasilitasi drainase getah bening ke arah dan aorta sirkulasi dari jantung. Yang mengatakan, perlu dicatat bahwa ada beberapa perdebatan tentang apakah tidur di sebelah kiri atau kanan terbaik bagi kesehatan jantung.

4. ini sangat ideal untuk wanita hamil.

Tidur di sisi kiri tidak hanya meningkatkan sirkulasi wanita hamil. Itu juga dapat membantu untuk mengurangi tekanan pada punggung, menjaga rahim meremas hati, dan meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, dan janin. Untuk alasan ini, dokter cenderung untuk merekomendasikan bahwa wanita hamil menghabiskan lebih banyak waktu tidur mereka sebanyak mungkin pada sisi mereka kiri.

5. hal ini dapat mengurangi mulas.

Beberapa sumber menemukan bahwa berbaring di sisi kiri dapat membantu mengurangi gejala Asam reflux. Sekali lagi ini adalah karena perut kita terletak di sisi kiri. Sebaliknya, berbaring di sisi kanan dapat memperburuk gejala-gejala ini. Efek cukup segera; Jika Anda berjuang dengan mulas setelah makan, cobalah mengambil berbaring 10 menit di sebelah kiri Anda.

6. dapat meredakan sakit punggung.

Orang yang menderita sakit punggung kronis dapat memperoleh manfaat dari beralih ke sisi kiri tidur. Itu karena tidur di sisi Anda dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang. Merasa lebih nyaman, pada gilirannya, akan meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan tidur malam yang baik.

Catatan

Sementara semua faktor ini mengarah ke menarik alasan untuk mulai tidur di sebelah kiri Anda, penting untuk dicatat bahwa beberapa orang — termasuk orang-orang dengan penyakit jantung, stroke, glaukoma, dan CTS — mungkin tidak mendapat manfaat dari sisi tidur. Jika Anda tidak yakin tentang tidur apa posisi mungkin tepat untuk Anda, itu selalu ide yang baik untuk berkonsultasi dengan profesional medis.
Bagaimana membuat switch

Jika Anda sudah siap untuk beralih, Anda akan menemukan bahwa mungkin diperlukan beberapa waktu untuk membangun kebiasaan baru tidur di sebelah kiri Anda. Melaksanakan beberapa strategi sederhana dapat membantu memastikan transisi mulus. Misalnya, Anda mungkin ingin bereksperimen dengan meletakkan bantal tubuh di belakang punggung Anda sehingga lebih sulit bagi Anda untuk roll dari sisi kiri selama tidur. Hal ini juga dapat membantu untuk mencoba tidur di sisi berlawanan dari tempat tidur daripada yang Anda biasanya lakukan; dengan cara itu orientasi tidur Anda tidak akan merasa jauh berbeda (bahkan jika Anda sedang tidur di sisi berlawanan Anda).

Ini juga akan menjadi penting untuk memilih kasur yang ideal untuk sisi tidur. Karena tidur di sisi Anda dapat menempatkan tekanan pada pinggul dan bahu, sangat penting untuk memilih kasur lembut yang akan membantu meringankan tekanan di daerah tersebut. Juga pastikan untuk mencari kasur yang memungkinkan tulang belakang untuk beristirahat di alam. Dan tentu saja, pastikan bahwa apa pun kasur Anda memilih merasa nyaman untuk Anda. Kombinasi tempat tidur nyaman dan meningkatkan kesehatan posisi tidur ini yakin akan meningkatkan kesempatan Anda untuk tidur dengan baik dan merasa besar setiap kali Anda bangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *