Ice Skating, Olahraga Es Yang Memberikan Kesenangan Pada Orang Yang Melakukannya

Olahraga apakah yang paling anda sukai? Di dunia ini, ada banyak sekali jenis olahraga yang terlihat seru untuk dimainkan, baik itu per tim maupun satu lawan satu.

Nah untuk olahraga yang satu ini mungkin sebagian dari kalian masih sangat jarang sekali melihatnya ditanyangkan di televisi, beda halnya dengan sepakbola, basket, badminton dan lain sebagainya.

Nama olahraga yang dimaksud tersebut adalah Ice Skating. Mungkin di Indonesia, masih banyak yang tidak mengenal olahraga ini. Ya, kalian tau sendiri dong apa alasannya. Hayo, apa coba? Salah satu alasannya adalah kurangnya fasilitas tempat untuk memainkannya.

Tapi meskipun begitu, anda sudah tidak perlu khawatir lagi karena tidak bisa menikmati olahraga jenis ini, meskipun negara kita tidak ada musim dinginnya.

Hal tersebut karena sekarang ini banyak mal-mal di Indonesia yang sudah menyediakan sarana untuk bermain es seluncur tersebut. Mengapa harus dilakukan di dalam mall? Karena kebetulan negara ita tidak mempunyai musim dingin (salju), sehingga tidak mungkin kita ber-ice skating diluar ruangan.

Ice skating merupakan olahraga yang menyenangkan dan sangat menghibur, sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai hobi atau hiburan di waktu senggang.

Tapi, seberapa banyakkah anda mengetahui olahraga ice skating ini? Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas seluk-beluk tentang olahraga es ini, mulai dari sejarah singkat, serta perkembangannya hingga menjadi olahraga populer seperti sekarang dan juga manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari ice skating.

Di akhir artikel, kita juga akan memberikan sedikit tips bagi anda yang mungkin baru mulai mencoba atau mempelajari olahraga ini. Yuk, langsung aja kita mulai.

Awal Mula Munculnya Ice Skating

Sebelum kita mulai bahas sejarah dari ice skating, ada baiknya kita jelaskan sedikit dulu tentang olahraga ini. Sesuai dengan namanya, ice skating terdiri dari dua kata yaitu ice (es) dan skating (berseluncur). Jadi, jika dijelaskan secara harfiah, ice skating ini memiliki arti berseluncur di atas es.

Untuk anda yang ingin melakukannya, anda hanya membutuhkan permukaan berupa es yang akan dijadikan sebagai landasan untuk berseluncur. Selanjutnya, anda juga membutuhkan beberapa alat untuk bisa berseluncur di atas es tersebut, yaitu seperti misalnya sepatu ice skating, pelindung kepala dan lain sebagainya.

Oke, sekarang kita bahas sejarahnya ya. Pada awal kemunculannya yaitu sekitar 17 abad yang lalu di negara-negara Skandinavia, sepatu es yang mereka gunakan untuk berseluncur biasanya terbuat dari tulang hewan seperti rusa atau kuda, yang diikatkan di bawah sepatu kulit sehingga dapat digunakan berseluncur di atas permukaan es.

Mungkin ini pula yang menjelaskan asal kata skate (seluncur dalam bahasa Inggris) yang diambil dari bahasa Jerman yaitu “Schalke” yang berarti tulang kering. Seiring dengan perkembangannya di setiap negara, sepatu ice skating mulai dimodifikasi dengan pengguanaan kayu hingga akhirnya menggunakan bahan besi sebagai pisau dibawahnya, seperti yang kita sudah kenal sekarang.

Pisau atau besi inilah yang bersinggunan langsung dengan permukaan es yang licin dan menghasilkan gesekan yang memungkinkan anda bisa meluncur di atasnya tanpa takut akan terjatuh.

Finlandia sendiri diklaim sebagai negara dimana ice skating pertama kali ditemukan. Karena memilki iklim yang dingin, kolam, danau bahkan sungai disana jadi membeku sehingga cukup tebal untuk dipakai meluncur.

Berbeda dengan orang-orang di zaman sekarang yang menggunakannya sebagai olahraga, sebelumnya orang-orang Finlandia menggunakan ice skating ini untuk sarana mereka sebagai alat transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ice skating kemudian berkembang ke negara-negara tetangga Finlandia seperti Swedia Rusia Norwegia, Belanda dan seiring dengan berjalannya waktu, mulailah muncul arena-arena khusus untuk memainkan ice skating, yang memungkinkan orang-orang untuk bisa tetap berseluncur bahkan pada musim panas sekalipun atau di beberapa lokasi yang tidak tertupi es pada musim dingin.

Mulai memasuki abad ke-20, ice skating sudah mulai menjadi olahraga yang begitu populer di dunia, terutama setelah diperkenalkan ke masyarakat Amerkia Utara.

Hal ini dikarenakan keterbukaan masyarakat di benua tersebut mengenai kelas sosial yang bisa menikmati ice skating. Sedangkan untuk di Eropa sendiri, olahraga ini biasanya hanya terbatas dikalangan orang-orang kaya dan kerajaan saja, sehingga cenderung dipandang sebagai olahraga khusus untuk masyarakat kelas atas.

Berbeda jauh dengan Amerika, semua kalangan atau lapisan masyarakat bisa menikmati olahraga ini tanpa harus memandang sosial mereka, sehingga sangat membantu perkembangannya.

Kepopuleran ice skating mulai mendapat pengakuan dari dunia, ketika olahraga ini resmi dipertandingkan di pesta olahraga Olimpiade lewat cabang figure skating, tepatnya pada tahun 1908 di London, Inggris.

Inilah yang menarik dari ice skating, dimana aplikasinya tidak hanya terbatas pada seluncur di atas permukaan es semata, tapi juga menjadi keterampilan dasar untuk olahraga-olahraga tingkat lanjutan di atas permukaan es, seperti hoki es, ice dancing atau lain sebagainya.

Kini, sangat mudah sekali untuk dapat berseluncur di atas permukaan es ini, karena arena ice skating dapat dijumpai dimana saja bahkan di kota-kota kecil sekalipun.

Sepatu skate pun sudah banyak sekali variasinya dari berbagai jenis dan ukuran, dengan harga yang cukup terjangkau dan sebanding dengan kenikmatan yang akan anda rasakan, saat meluncur di atas permukaan es yang licin.

Khasiat dan Manfaat Bermain Ice Skating

Olahraga ice skating awalnya sangat populer di negara-negara yang memiliki empat musim. Namun seiring berjalannya waktu, di Indonesia, olahraga ini juga mulai dipopulerkan walaupun hanya di kota-kota besar saja.

Ice skating sebenarnya dapat dilakukan di musim apa saja asalkan memang ada tempat khusus untuk melakukannya. Di luar negeri ada banyak tempat ice skating indoor yang dapat digunakan untuk melakukan olahraga ice skating kapan saja anda mau. Sebagai salah satu cabang olahraga, ice skating memiliki beberapa manfaat.

Adapun manfaat yang bisa anda rasakan dari olahraga tersebut antara lain:

1. Menciptakan keseimbangan yang lebih baik

Ice skating membantu meningkatkan keseimbangan tubuh melalui latihan yang menyenangkan. Meluncur di es yang licin memerlukan keseimbangan lebih untuk tetap bertahan agar tidak terjatuh.

Apalagi sepatu yang digunakan oleh pemain ice skating merupakan sepatu khusus yang perlu dijalankan dengan seimbang. Jadi bagi yang bisa melakukan ice skating dan terus berlatih, maka akan memiliki keseimbangan yang lebih baik dari pada mereka yang sama sekali belum pernah mencoba untuk melakukannya.

2. Meningkatkan fleksibilitas sendi

Untuk anda yang malas dan sangat jarang berolahraga, maka sendi yang kaku mungkin sering menjadi masalah yang anda hadapi. Nah, olahraga Ice skating ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilatas sendi anda.

Ice skating membutuhkan pergerakan kaki dengan lutut yang kuat, sehingga sendi kaki akan menerima latihan yang bagus dan diharapkan akan lebih fleksibel jika dilatih terus.

3. Membentuk otot kaki

Memiliki fokus pada pergerakan tubuh bagian bawah, manfaat olahraga ice skating akan memberikan latihan untuk otot kaki anda. Olahraga ini dapat membentuk otot kaki sehingga lebih kuat setiap kali berlatih. Pemain ice skating perlu meluncur dan menggerakkan kaki mereka sehingga otot kaki akan terus dilatih.

4. Kesehatan jantung

latihan aerobik merupakan aspek penting dalam kesehatan jantung. Ice skating menyediakan latihan aerobik yang dibutuhkan tersebut. Bagian terbaiknya adalah skating menjadi latihan cardio yang terkadang tidak disadari. Kesehatan jantung sendiri merupakan hal yang perlu selalu dijaga karena merupakan salah satu organ vital pada manusia.

5. Menjaga ketahanan tubuh

Anda harus tahu kalau Ice skating adalah olahraga yang membutuhkan energi lebih untuk setiap penambahan waktu, yang akan membangun ketahanan tubuh. Semakin lama kita melakukan ice skating, maka kita akan semakin meningkat pula ketahanan tubuh. Menjaga ketahanan tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan olahraga ice skating, tapi juga dengan olahraga dan aktivitas lainnya.

6. Menjaga berat badan

Jika kita ingin mengurangi berat badan, maka ice skating juga merupakan olahraga yang mampu membakar kalori yang akan membuat anda merasa senang. Ice skating membakar sekitar 300-650 kalori setiap jam, tergantung dengan seberapa keras kita bermain ice skating tersebut. Tak mengherankan jika rata-rata pemain ice skating memiliki tubuh yang langsing.

7. Meningkatkan persendian

Melalui aktivitas atau kebiatan meluncur dan sinkronisasi pergerakan kaki, sendi dan otot akan mendapatkan latihan dan menjadi fleksibel. Ada yang menyebutkan bahwa skating lebih bermanfaat daripada bersepeda dan berlari untuk meningkatkan persendian. Ice skating membuat hampir semua otot utama bekerja dengan baik, termasuk persendian.

8. Latihan mental

udara yang sejuk dan sinar matahari di ice skating outdoor akan membuat perasaan kita menjadi lebih nyaman dan tenang. Apalagi jika kita melakukan ice skating bersama dengan keluarga atau sahabat. Kegiatan ice skating tersebut akan menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa memberikan perasaan bahagia. Perasaan bahagia tersebut membuat mental kita menjadi lebih sehat.

9. Menghilangkan stress

Aktivitas fisik secara teratur seperti ice skating dapat membantu melawan efek dari stress. Ice skating merupakan salah satu cara menyenangkan untuk berolahraga, terutama jika kita melakukan ice skating di luar ruangan, misalnya di danau es ataupun tempat ice skating outdoor saat musim dingin.

Kita bisa menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar tempat ice skating tersebut. Kita juga akan fokus untuk bermain ice skating sehingga masalah lainnya akan terlupakan.

Jenis Olahraga Yang Berkaitan Dengan Skating

 

 

Selain menyenangkan, olahraga ice skating juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bagi yang tinggal di tempat yang dekat dengan sarana ice skating, anda bisa mencoba olahraga yang satu ini.

Memang anda perlu belajar pada walnya untuk akhirnya bisa melakukan olahraga ice skating dengan baik, namun tidak akan sulit jika anda terus berlatih.

Selain ice skating biasa, ada beberapa jenis olahraga ice skating yang mungkin bisa dicoba. Olahraga lain yang juga bisa dilakukan di atas es tersebut antara lain:

  • Ice hockey – merupakan olahraga hockey yang dilakukan di tempat lapangan es. Ini merupakan salah satu olahraga musim dingin yang dilakukan oleh dua tim. Mereka bertanding untuk memasukkan gol terbanyak. Olahraga ini terbilang cukup keras dan para pemainnya perlu menggunakan baju pelindung agar tidak terluka saat bermain ice hockey.
  • Figure skating – merupakan olahraga ice skating individual atau group yang menampilkan tarian dengan diiringi oleh musik. Figure skating menampilkan ice skating yang artistik. Pemainnya akan menampilkan gerakan-gerakan memukau seperti melompat, berputar-putar, ataupun berdansa dengan pasangannya.
  • Speed skating – speed skating merupakan olahraga individual yang kompetitif dengan partisipannya berlompa satu sama lain untuk melewati jalur es tertentu. Kompetisi speed skating akan membutuhkan tempat yang panjang atau hanya berupa sprint di tempat terbatas.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Bermain Ice Skating

Dilihat dari tingkat kesulitannya, ice skating termasuk olahraga dalam kategori menengah untuk dikuasai. Karena itu, kelas-kelas yang memberikan kursus ice skating kini sudah banyak dan mudah untuk ditemui.

Kekurangannya terletak pada biaya yang harus anda keluarkan untuk tiap sesi. Tentu saja, dimana ada kemauan, di situ ada jalan dan anda selalu bisa belajar sendiri.

Lagipula, olahraga ini pada dasarnya bisa disebut sebagai awal dari sebuah hobi. Anda bisa saja mengajak partner atau rekan yang sudah lebih mahir ke arena skating untuk mengajari anda bagaimana teknik-teknik dasar skating.

Jika anda memang harus belajar sendiri, coba lakukan saja dulu. Anda tidak akan pernah tahu jika tidak pernah mencoba bukan? Berikut ini beberapa tips yang layak anda jadikan sebagai panduan sebelum memulainya.

  • Mengenakan Pakaian Yang Nyaman atau Tidak Terlalu Tebal

Saat bermain ice skating, anda memerlukan mobilitas penuh dari tubuh untuk bergerak dengan cepat dan aman. Maka dari itu, hindarilah pakaian yang terlalu tebal.

Ya, anda mungkin ingin melindungi tubuh dari dinginnya suhu di dalam arena ice skating, tapi sebaiknya mantel yang super tebal menjadi pilihan terakhir anda. Sebaliknya, pakaian-pakaian seperti jaket, sweater atau cardigan bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat. Syal juga layak dipertimbangkan sebagai pakaian pelengkap untuk melindungi tubuh anda dari suhu dingin.

  • Memilih Sepatu Skating Yang Tepat

Sekarang ini, sepatu ice skating dapat dengan mudah ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan khusus olahraga dan harganya juga bervariasi, dari yang murah hingga yang harganya cukup mahal, tergantung kualitas pisau skate dan bahan dari sepatunya tersebut.

Jangan terkecoh dengan harga mahal karena tidak selalu menjamin sepatu yang pas dengan kaki anda. Semuanya kembali ke faktor kenyamanan. Jika anda memang lebih nyaman menggunakan sepatu skating yang lebih murah, jangan ragu untuk membelinya. Opsi lainnya adalah anda bisa menyewa sepatu skate. Biaya yang dikeluarkan pun akan lebih murah.

  • Sebelum Mulai, Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Ini berlaku tidak hanya untuk ice skating, tapi untuk hampir semua jenis olahraga yang menuntut aktivitas fisik. Seperti dijelaskan di atas, walaupun terlihat tidak memforsir otot tertentu secara berlebihan, tapi tetap ada beberapa otot yang bekerja secara maksimal saat kita berskating, terutama otot-otot bagian bawah.

Pastikan anda melakukan pemanasan yang cukup untuk melemaskan otot-otot tersebut sehingga anda terhindar dari risiko kram. Setelah selesai berskating, jangan lupa untuk melakukan pendinginan pula agar otot anda dapat melakukan pemulihan ke kondisi semula setelah bekerja keras.

  • Faktor Keamanan Adalah Hal Yang Terpenting

Hal ini dimulai dari memastikan bahwa sepatu skating yang anda gunakan sudah sesuai dengan kaki anda. Jangan sampai sepatu tersebut terlalu longgar dan dapat menyebabkan terpeleset atau bahkan mengakibatkan hal-hal yang lebih parah, seperti keseleo saat berseluncur.

Saat anda sudah mulai berseluncur pun, selalu perhatikan faktor keamanan anda. Jika anda berseluncur sendiri di alam terbuka yang terisolasi mungkin kevil kemungkinan untuk menabrak orang lain saat berselancar. Akan tetapi, jika melakukannya di ruangan tertutup, akan selalu ada resiko tabrakan dengan orang lain.

Maka, pastikan anda selalu fokus dan awas dengan situasi dan kondisi sekeliling, khususnya saat anda sedang berseluncur dengan kecepatan yang cukup tinggi. Pastikan pandangan selalu ke depan, jangan memandang ke bawah karena anda akan kehilangan arah dan berisiko menabrak seseorang atau sesuatu.

Selanjutnya, pastikan menggunakan peralatan pengaman seperti helm dan pelindung siku atau lutut karena bagian-bagian tubuh tersebut paling rentan terkena cedera saat jatuh.

  • Mulailah Berseluncur Dengan Perlahan

Seberapa mahir pun anda, sebaiknya jangan langsung berseluncur dengan kecepatan maksimal. Tidak ada salahnya mulai dengan perlahan. Ini akan membuat tubuh anda lebih siap dengan kondisi arena skating, baik itu suhunya maupun permukannya yang licin.

Selalu gunakan pegangan besi yang pasti tersedia di sekeliling arena skating agar Anda tidak terpeleset. Bagaimanapun, anda tentu perlu menyesuaikan pijakan anda terlebih dahulu.

Hal ini harus mendapat perhatian lebih jika anda adalah peseluncur pemula, karena permukaan es yang licin adalah momok yang tidak bersahabat sama sekali. Terpeleset adalah hal yang biasa, jatuh di atas permukaan es yang keras adalah hal yang berbeda. Anda tentu tidak ingin pulang ke rumah dengan memar-memar di tubuh, bukan?

  • Hilangkan Perasaan Takut Jatuh

Jika memang Anda harus jatuh, jangan pedulikan rasa sakitnya. “No pain no gain” dan ini juga berlaku jika anda baru mulai belajar ice skating. Di sinilah pentingnya pergi ke arena skating bersama teman, tak peduli ia lebih mahir atau Anda sama-sama pemula.

Masuk ke arena skating bersama seseorang yang anda kenal akan memberikan kenyamanan dan rasa aman yang lebih. Setidaknya, anda tahu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada orang yang akan langsung menolong anda.

  • Nikmati Permainan atau Olahraganya

Ini adalah esensi (kenyataan) dari ice skating. Pada dasarnya, olahraga ini memang untuk dinikmati, karena siapa sih yang tidak suka bermain dengan es? Jika Anda tidak bisa menikmatinya, mustahil anda akan menguasainya. Dengan masuk ke arena tanpa tekanan atau ekspektasi apapun kecuali untuk bersenang-senang, anda akan lebih mudah menguasai olahraga ini.

Nah, itu dia sedikit penjelasan tentang ice skating. Olahraga yang satu ini memang sangat layak untuk dicoba bagi anda yang belum pernah mencobanya, karena dijamin akan memberikan anda waktu yang menyenangkan.

Ditambah dengan manfaat-manfaatnya bagi tubuh, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya. Beberapa orang di sekitar anda bahkan mungkin akan mengaku bahwa mereka ketagihan untuk berseluncur di atas permukaan es setiap beberapa minggu.

Jadi, jika anda tidak ingin ketinggalan, silahkan pilih sepatu yang cocok, persiapkan pakaian ternyaman yang anda punya dan anda pun bisa mengajak teman, kakak, adik atau saudara anda untuk bermain dan bergegaslah ke arena skating terdekat di tempat anda. Selamat mencoba, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *