Inilah 4 Kota Gaib Yang Memiliki Kekayaan Paling Melimpah

Salah satu kisah menarik tentang kota di Indonesia yang jarang orang ketahui adalah dari segi supranatural dalam hal gaib. Sangat banyak kita temukan kisah yang membuat bulu kuduk berdiri tentang kota-kota gaib di seputar tanah air.

Dari cerita mistis hingga kejadian yang benar-benar diceritakan oleh yang mengalami. Seperti yang telah pernah kita bicarakan tentang kerajaan gaib di Indonesia, maka untuk memperlengkap artikel tersebut kami akan menulis artikel tentang kota-kota gaib di Indonesia. Berbagai kisah dan cerita menyeramkan akan muncul di postingan kali ini.

Kota Wentira

Kota gaib pertama yang akan kita bahas berasal dari Sulawesi. Sebuah kota gaib yang berada di wilayah Sulawesi Tengah ini dimana penduduk setempat menyebutnya sebagai Kota Wentira.

Cerita tentang kota ini sudah banyak menghebohkan masyarakat Sulawesi. Bahkan pernah juga ditayangkan di televisi nasional lho. Wentira sendiri dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai kerajaan jin terbesar yang terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

Jika anda sedang mengunjungi tempat ini, anda akan menemukan tugu berwarna kuning. Masyarakat disana percaya bahwa di tempat inilah berdiri gerbang gaib untuk menuju ke Kota Wentira.

Cerita yang berkembang disana menyebutkan bahwa pemimpin Wentira adalah raja yang mempunyai 7 panglima perang yang masing-masing memiliki bala tentara yang banyaknya bisa menutupi seluruh lautan Indonesia.

Konon, banyak yang menganggap Wentira sebagai salah satu titik paling angker di Indonesia. Ada juga beberapa kalangan yang berpendapat bahwa Wentira merupakan warisan dari Benua Atlantis yang hilang.

Terlepas dari anggapan tersebut, banyak kisah mistis yang beredar seputar kota misterius ini. Bahkan sudah berkembang turun temurun. Jika dilihat secara kasat mata, kota ini terlihat seperti sebuah hutan yang sangat lebat.

Namun kabarnya, mereka yang punya “kelebihan” seperti indera ke-6, akan melihatnya sebagai sebuah kota dengan kehidupan yang berkembang dan modern seperti kota pada umumnya.

Dari pengakuan seseorang yang mengklaim pernah masuk ke kota tersebut, kehidupan di Wentira terlihat sangat modern dan beradab. Bahkan menurut ceritanya, tidak ada satu orang pun yang hidup susah atau miskin.

Menurut penduduk setempat, wujud penghuni Wentira tidak jauh dengan penampilan fisik manusia pada umumnya. Yang berbeda hanyalah, mereka tidak memiliki garis tengah di bibir mereka.

Salah seorang warga mengklaim pernah bertemu dengan penghuni Wentira. Ia pun bercerita jika para penghuni Wentira mengenakan baju kuning dan tidak memiliki garis bibir.

Sesaat setelah bertemu, sosok yang dianggap penghuni Wentira itu kemudian menghilang. Cerita mistis tentang Wentira tak sampai disitu saja. Menurut kesaksian warga yang lain, ada seorang sales yang sedang mengantarkan mobil pesanan seorang klien.

Ia membawakan mobil BMW i Series bewarna kuning dengan alamat tujuan Wentira. Salesman tersebut pun keheranan saat tiba di tempat tujuan, karena disana hanya ada kebun dan pepohonan. Ia baru menyadari bahwa dirinya seperti terhipnotis.

Lalu, ada pula kisah tentang gadis bernama “Lin Vita Puspita” yang diberitakan hilang tanpa jejak lantaran menikah dengan penghuni Wentira. Mahasiswi STIE Palu ini sempat berpamitan bahwa ia akan menikah dengan pemuda asal Wentira.

Ia meminta kedua orangtuanya agar selalu mengadakan doa tahlil karena ia tidak akan bisa kembali pulang dari Kota Wentira. Menurut informasi dari salah satu warga, gadis itu memang tak pernah pulang bahkan jejaknya pun sulit ditemukan seperti lenyap begitu saja.

Menurut beberapa sumber informasi, keberadaan kota gaib Wentira ini bahkan sudah disadari sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang.

Dari kesaksian yang pernah ditulis, ada seorang pilot yang mengendarai pesawat tempur milik Belanda telah melihat kota megah di tengah hutan.

Bangunan-bangunan di kota tersebut berwarna kuning keemasan dengan gedung-gedung pencakar langit. Nama kota ini konon diambil dari kata Uventira yang bermakna “air berwarna merah”. Tetapi, sampai sekarang masyarakat sekitar lebih terbiasa menyebutnya Wentira.

Kota Sarajana

Seperti yang pernah dilansir oleh Netralnews sebelumnya, bahwa kota gaib Sarajana terletak di Kalimantan Selatan. Kota Sarajana nsudah lama dikenal sebagai tempat yang angker bagi masyarakat Borneo. Kawasan ini disebut-sebut sebagaIi Kota Gaib.

Saranjana adalah pulau kecil yang sebetulnya menyimpan potensi wisata yang menakjubkan. Namun, tidak ada penduduk di sana. Orang percaya, pulau kecil itu dihuni oleh makhluk halus sebangsa jin sehingga dinamakan Kota Gaib.

Penduduk Kota Baru menyebut pulau ini dihuni oleh banyak makhluk halus atau jin. Mereka membangun sebuah kota yang disebut Saranjana.

Karena itulah penduduk menyebut Saranjana sebagai kota gaib. Kota Saranjana ini diyakini ada, tetapi hanya mereka yang memiliki kemampuan lebih saja bisa melihat kota tersebut.

Menurut cerita dari beberapa orang mengaku pernah melihatnya, mengatakan bahwa kota Saranjana sangat besar dengan pendudukan yang memiliki rumah mewah. Rumah-rumah di Kota Saranjana sangat megah dengan pagar tinggi mengkilat.

Menurut masyarakat Kota Saranjana memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan kita. Penghuni Kota Saranjana juga cantik dan tampan serta harum.

Namun, yang membedakan adalah orang-orang di Saranjana tak memiliki dua garis antara bibir dan hidung. Mereka ini terkenal dengan sebutan orang Halimun.

Perbedaan lainnya adalah ukuran makanan di Kota Saranjana lebih besar daripada ukuran makanan di dunia kita. Seseorang yang pernah memasuki Kota Saranjana menceritakan bahwa ukuran jambu di sana lebih besar dari ukuran jambu biasa.

Namun, ketika dibawa kembali ke dunia nyata ukurannya menyusut seperti jambu kebanyakan. Satu hari di sana sama dengan satu tahun di alam nyata

Ada beberapa kisah misterius tentang Kota Saranjana. Pernah suatu ketika seorang warga Kotabaru hilang tanpa jejak. Konon katanya, warga tersebut sengaja diambil oleh warga Kota Saranjana untuk dijadikan imam. Karena itu, penduduk Kotabaru juga menceritakan adanya seorang nelayan yang hilang di tengah laut.

Diceritakan pula ada sebuah perusaahaan alat berat menerima pesanan yang dialamatkan ke Kota Saranjana. Alat berat tersebut sudah dibayar lunas. Namun, perusahaan tersebut mengalami kebingungan saat akan mengirim alat berat.

Kota Ketapang-Padang 12

Keberadaan kota gaib memang banyak terdapat di berbagai tempat di Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan Barat. Konon, di Kalimantan Barat terdapat sebuah kota gaib mewah yang bernama Padang 12.

Menurut kepercayaan masyarakat, kota gaib Padang 12 ini merupakan kota gaib yang sangat makmur, mewah dan sejahtera. Saking makmurnya, kemakmuran di kota gaib ini melebihi semua kota yang ada di belahan dunia manapun. Padang 12 ini terdapat di Kabupaten Ketapang, sekitar 30 menit dari Bandara Supadio, Pontianak.

Tidak seperti kota gaib pada umumnya yang terkesan tradisional, konon kota Padang 12 ini menurut beberapa orang yang pernah menyaksikan merupakan kota gaib mewah dan modern.

Di dalamnya banyak terdapat mobil-mobil mewah seperti Ferrari ataupun Rolls Royce. Motor gede Harley Davidson hingga pesawat pribadi ataupun kapal pesiar juga sering terlihat lalu lalang di kota ini.

Namun bagi orang yang tak mempunyai kemampuan khusus melihat hal gaib, kota Padang 12 ini hanyalah sebuah tanah kosong yang dipenuhi padang ilalang dan pohon pinus.

Tanah kosong seluas 12 km persegi inilah yang secara gaib menjadi lokasi kota Padang 12 ini. Pemberian nama Padang 12 ini mengacu pada tanah kosong yang berupa padang rumput dengan variasi pohon pinus dengan luas 12 km persegi, sehingga diberi nama Padang 12.

Penduduk Ketapang menyebut penduduk kota gaib Padang 12 ini sebagai orang-orang Kebenaran atau Orang Limun. Menurut orang yang pernah melihat, wujud Orang Limun ini sama seperti manusia pada umumnya, yang membedakan hanyalah Orang Limun tidak mempunyai garis belahan diantara bibir dan hidung.

Banyak pendapat mengenai Orang Limun atau Orang Kebenaran ini. Ada yang menyebutkan bahwa di masa lalu mereka adalah orang-orang yang taat beribadah. Ada pula yang mengatakan bahwa mereka adalah golongan jin muslim yang mendiami wilayah itu sejak lama.

Banyak kisah mengenai interaksi Orang Limun dengan manusia biasa. Menurut salah seorang warga Ketapang, orang Limun ini juga mempunyai kegiatan layaknya manusia, misal pergi ke pasar.

Uniknya, mereka tidak menggunakan uang sebagai alat pembayaran, melainkan menggunakan rempah-rempah sebagai alat tukar, misalnya kunyit. Ajaibnya, keesokan harinya kunyit tersebut akan berubah menjadi emas.

Ada juga kisah seseorang yang dimintai tolong untuk mengantarkan seorang nenek pada malam hari. Nenek itupun dibonceng sepeda motor, namun anehnya nenek tersebut menghilang di dekat Padang 12. Keesokan harinya, pemilik sepeda motor itu menemukan potongan emas di sepeda motornya.

Tidak hanya orang biasa, seorang Raja Dangdut Rhoma Irama pun mempunyai pengalaman dengan kota Padang 12. Menurut Rhoma, ia sudah dua kali pentas di kota Ketapang, sementara menurut masyarakat, Rhoma Irama baru pentas di Ketapang sebanyak satu kali saja.

Meski begitu, Bang Rhoma saat itu heran karena pada kunjungannya yang pertama, kota Ketapang terlihat sangat megah dan mewah, namun pada kunjungannya yang kedua kok berubah.

Kota Pulomas

Sepertinya kabupaten Indramayu adalah daerah paling banyak menyimpan cerita mistis di Indonesia. Selain kerajaan gaib di Alas Purwo terdapat pula kerajaan gaib di daerah Pulomas.

Kerajaan ini terletak di kecamatan Cantigi. Bila dilihat dari alam manusia daerah ini terlihat seperti rawa-rawa biasa, namun bagi sebagian orang yang memiliki penglihatan khusus, rawa tersebut adalah sebuah kerajaan yang dikelilingi oleh tembok raksasa yang terbuat dari emas murni.

Kerajaan gaib ini di percaya dipimpin oleh seorang raja jin yang sangat sakti bernama Raden Werdinata dan didampingi oleh seorang mahapatih yang tersohor bernama Mahapatih Jongkara yang dibantu oleh seorang panglima perang yang diberi gelar Panglima Kalasrenggi.

Menurut Wak Cartim yang merupakan juru kunci tempat ini, Raden Werdinata adalah raja yang paling sakti bila dibandingkan raja-raja lain yang menguasai alam gaib baik itu kerajaan gaib di bumi maupun di laut.

Ia juga mengatakan kesaktian Raden Werdinata pernah terbuktikan kala Indramayu belum berdiri. Diceritakan Raden Werdinata pernah bertarung melawan Raden Wiralodra, pemimpin pertama kerajaan yang saat ini adalah kabupaten Indramayu.

Pada saat itu, Raden Werdinata berang terhadap Raden Wiralodra dan pembantunya Ki Tingkil yang membabat hutan di lebah sungai untuk membuat sebuah kerajaan. Perseteruan pun terjadi dan berbuntut pertarungan antara Raden Wiralodra melawan Raden Werdinata.

Kesaktian mereka yang seimbang membuat pertarungan tersebut memakan waktu hingga 11 bulan lamanya. Pertarungan tersebut di lerai oleh Raja gaib dari kerajaan lain yang juga berada dibawah kekuasaan Raden Werdinata bernama Kalacungkring.

Keputusan damai tersebut diambil karena Kalacungkring takut bila Raden Wiralodra lepas kendali dan meminta bantuan dari tokoh-tokoh sakti dari kerajaan majapahit kuno sekelas Ki Sudum.

Akhirnya, perjanjian damai disetujui dengan pernikahan dua alam yang berbeda antara Raden Wiralodra dengan anak perempuan Raden Werdinata bernama Putri Inten. Hingga saat ini, kerajaan Pulomas masih ada dan masih di pimpin oleh Raden Werdinata.

Itulah tadi beberapa kota yang terkenal dengan kerajaan gaibnya. Semoga artikel tentang kota gain barusan bisa menambah wawasan para pembaca semua. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *