Apakah Pemakaian Pelumas Seks Itu Berbahaya? Berikut Tips Amannya

Saat melakukan hubungan intim banyak cara dilakukan oleh pasangan suami istri mulai dari foreplay, mencium bagian vital, sampai menggunakan pelumas sebagai pelicin untuk mr P. Karena bercinta dengan pasangan adalah momen yang sangat-sangat berharga. Maka, anda tentu ingin momen tersebut berjalan dengan sempurna. Namun terkadang, ada satu atau dua hal yang bisa membuat sesi manis anda dan pasangan jadi kurang memuaskan misalnya saja, miss V pasangan anda yang kering.

Nah, disaat-saat seperti inilah anda dan pasangan sangat membutuhkan pelumas atau lubrikasi khusus untuk seks contohnya minyak zaitun. Minyak zaitun adalah lemak atau minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di wilayah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K dan sedikit sekali zat besi.

Minyak zaitun biasanya digunakan dalam berbagai keperluan seperti obat-obatan, masakan, sabun, bahan bakar untuk lampu tradisional dan bahkan kosmetik. Minyak zaitun dapat dicampurkan ke dalam makanan, dioleskan ke bibir sebagai pelembut dan lip gloss untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, minyak zaitun bisa dipakai untuk melembutkan kulit yang kering dan retak-retak misalnya pada siku dan tumit.

Untuk anda yang pemula, jangan khawatir kalau dalam urusan pakai pelumas seks seperti minyak zaitun ini. Penggunaan pelumas ini bisa sangat membantu sesi bercinta anda menjadi lebih nikmat dan memuaskan.

Akan tetapi, baik pria maupun wanita tidak boleh sembarangan memilih pelumas untuk seks anda. Lalu bagaimana dengan menggunakan minyak zaitun atau olive oil yang katanya bisa jadi pelumas alami? Apakah sehat dan aman bagi organ intim? Simak penjelasan berikut ini.

Perlukah pakai pelumas seks?

Pada dasarnya, vagina bisa memproduksi cairan pelumas secara alami. Akan tetapi, ada berbagai faktor yang mempengaruhi produksi cairan alami tersebut sehingga membuat bagian intim wanita ini menjadi kering. Wanita yang perokok, memasuki masa menopause atau bahkan mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti anti depresi hingga obat alergi.

Beberapa faktor inilah yang sering mengakibatkan miss V anda menjadi kering. Akibatnya yang terjadi adalah pada saat gesekan waktu berhubungan intim ketika penis masuk ke dalam vagina bisa menjadi terasa tidak nyaman dan bahkan terasa sangat menyakitkan.

Oleh sebab itu, pelumas seks seperti minyak zaitun ini berfungsi untuk mengatasi masalah vagina anda yang kering. Namun, beberapa pasangan juga sering menggunakan pelumas ini ketika sedang melakukan seks anal atau penetrasi dari bagian belakang (anus).

Minyak zaitun bisa jadi pelumas seks atau tidak

Menggunakan minyak zaitun yang asli dan alami cukup aman digunakan, asal Anda tidak memiliki alergi terhadap zaitun. Keuntungan pakai minyak zaitun sebagai pelumas untuk seks antara lain adalah:

  • Minyak zaitun cenderung lebih licin dan ramah untuk kulit daripada produk-produk yang mengandung berbagai bahan kimia.
  • Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan sehingga dapat membantu masalah vagina kering.
  • Beberapa produk minyak zaitun memang ditujukan untuk masak atau makanan (bukan untuk kulit) sehingga bisa juga dijadikan pelumas untuk seks oral.

Akan tetapi, perlu juga anda ingat bahwa menggunakan produk apa pun, termasuk minyak zaitun pada area kewanitaan bisa menimbulkan efek samping. Efek samping yang paling sering terjadi yaitu infeksi jamur dan infeksi bakteri pada vagina.

Ini bisa terjadi karena penggunaan minyak zaitun sebagai pelumas untuk seks bisa mengganggu keseimbangan koloni bakteri di vagina. Vagina memang sudah punya sistem khusus untuk menjaga kadar bakteri baik tetap lebih banyak dan lebih kuat daripada bakteri jahat dan jamur penyebab infeksi.

Karena itu, minyak zaitun tidak disarankan untuk digunakan sebagai pelumas sehari-hari. Terutama bagi wanita yang memang rentan kena infeksi vagina atau Anda sering mengalami gejala seperti vagina gatal, keputihan yang tidak wajar atau berbau dan rasa sakit ketika berhubungan seks.

Anda boleh menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas untuk seks, tapi jangan terlalu sering ya. Sesekali saja, misalnya dalam keadaan darurat, masih relatif aman bagi pasangan yang sehat.

Tips aman menggunakan pelumas untuk seks

Woman pouring oil from bottle onto palm

Dalam kondisi tertentu, pelumas untuk seks memang dibutuhkan. Nah, trik untuk menggunakan pelumas yang paling aman adalah pastikan produk yang Anda pilih sudah terdaftar secara resmi di Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM). Jadi, perhatikan apakah ada keterangan dan nomor registrasi BPOM di kemasannya.

Wanita juga tidak boleh mengoleskan pelumas apa pun sampai masuk ke dalam lubang vagina (jalur lahir), hanya boleh di bagian luar, yaitu di bibir vagina.

Jika Anda selalu merasa harus menggunakan pelumas untuk seks, coba bicarakan dulu secara jujur dan terbuka dengan pasangan Anda. Bisa jadi ini karena sebenarnya Anda sendiri belum cukup terangsang untuk melakukan penetrasi (penis masuk ke vagina). Pasalnya, wanita akan memproduksi cairan pelumas alami secara otomatis jika tubuh menerima rangsangan seksual yang cukup.

Ketika ragu saat dihadapi oleh beragam pilihan pelumas seks, alami maupun komersial, selalu lebih baik untuk mendiskusikannya dengan dokter Anda atau terus bereksperimen dengan hati-hati. Hentikan penggunaan pelumas begitu Anda menunjukkan reaksi alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *