Sering Mengigau Saat Tidur, Inilah Penyebabnya

Pernahkah ketika anda telah bangun dari tidur tiba-tiba keluarga atau pasangan anda mengatakan bahwa anda semalam berbicara saat tidur atau mengigau? Well, sampai sekarang fenomena ini ternyata masih saja menjadi misteri. Namun, ternyata ada alasan yang mendasari mengapa manusia bisa saat tidur.

Mengigau atau berbicara saat tidur dalam istilah kedokteran disebut dengan Somniloquy. Ini merupakan gangguan tidur yang tidak normal dimana orang berbicara saat tidur tanpa menyadarinya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berbicara saat tidur merupakan kegiatan yang dilakukan oleh alam bawah sadar manusia. Orang yang mengigau biasanya bicara dengan diri mereka sendiri.

Tak hanya itu saja, mereka bahkan bisa tertawa, berbisik bahkan berteriak. Orang yang mengigau sangat mungkin menggunakan kata-kata yang tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mereka menggerutu sehingga orang yang mendengarnya mungkin akan sulit memahami apa yang dikatakan.

Dan kali ini, kami akan menghadirkannya hanya untuk anda seperti yang telah dilansir dari berbagai sumber apa yang menyebabkan mereka mengigau ketika sedang tidur.

Penyebab Mengigau Saat Tidur

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa mengigau merupakan salah satu gangguan tidur. Namun, sebelum mengetahui bahaya apa saja yang mungkin muncul akibat dari mengigau, sebelumnya kita akan membahas mengenai penyebab mengigau saat tidur. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan penyebab mengigau yang bisa digolongkan ke dalam penyebab yang paling ringan. Penyebab ini merupakan penyebab paling umum yang membuat banyak orang sering mengigau.

Meskipun bisa digolongkan ke dalam penyebab yang paling ringan, namun kurang tidur merupakan hal yang bisa mendorong seseorang menjadi tipe orang yang tidak sehat.

Kurang tidur bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lain seperti stres, obesitas, gangguan metabolisme bahkan bisa memicu anda terkena gangguan jantung.

2. Demam Tinggi atau Sedang Sakit

Seseorang yang sedang sakit atau sedang demam tinggi juga sangat rentan mengigau. Kondisi fisik seseorang yang sedang sakit relatif tidak bugar sehingga menyebabkan gangguan di dalam sistematika kerja organ tubuh.

Akibatnya, hal tersebut sekaligus akan mempengaruhi pola tidur seseorang, termasuk menyebabkan pengalaman mengigau bagi seseorang. Selain sedang sakit, seseorang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti anti depresan, obat skizofrenia dan juga obat anti nyeri juga bisa menyebabkan mengigau.

3. Keturunan atau Faktor Genetik

Menurut para pakar kesehatan, mengigau kemungkinan besar disebabkan oleh adanya faktor genetik atau keturunan. Jadi, jika orang tua anda memiliki kebiasaan mengigau pada saat tidur maka kemungkinan anda juga akan mengalami hal yang sama.

Jika anda adalah orang yang sering mengigau karena adanya faktor keturunan, maka anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut karena hal tersebut bukan sesuatu yang membahayakan kesehatan anda.

Namun pada beberapa kasus, mengigau dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena dapat memicu gangguan tidur. Karena itu, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah mengigau tersebut.

4. Stres

Seseorang yang mengalami atau memiliki masalah dan mengalami stres sangat rentan untuk mengigau ketika tidur. Akibat dari stres yang sedang dimiliki seseorang, kemungkinan besar tidurnya akan terganggu.

Bahkan permasalahan yang sedang ia alami dan belum terselesaikan bisa jadi akan mengganggu tidurnya dan membuat kondisi pikirannya menjadi tidak tenang.

Akibatnya, ia akan mengigau ketika tidur. Bisa jadi apa yang sedang ia ngigaukan merupakan hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang sedang ia alami.

5. Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol dan Kafein

Penelitian telah membuktikan bahwa kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan juga kafein merupakan dua kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan juga mengganggu kualitas tidur.

Mengkonsumsi kedua jenis minuman tersebut juga dapat menyebabkan mengigau. Dengan kata lain, anda harus menghindari konsumsi alkohol dan juga kafein jika ingin memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Normalkah Sering Mengigau Saat Tidur?

Mengigau saat tidur sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun, mengigau terlalu sering merupakan gangguan mimpi saat tidur yang disebabkan karena adanya masalah pada fungsi otak anda.

Kondisi ini disebut dengan Rapid Eye Movemenet (REM) sleep behaviour disorder. Gangguan ini ditandai dengan beberapa tanda seperti berikut:

  • Mengigau, berbicara, mengoceh dalam tidur
  • Tidur sambil berjalan
  • Loncat dari tempat tidur
  • Melakukan berbagai gerakan seperti menendang, meninju atau gerakan berlari
  • Anda dapat melanjutkan mimpi yang terputus ketika tertidur kembali

Semua tanda tersebut sebenarnya biasa terjadi pada setiap orang, namun pada orang yang memiliki gangguan tidur ini, tanda yang mereka alami cukup sering, bahkan setiap bermimpi mereka akan melakukan salah satu dari tanda tersebut.

Yang Harus Dilakukan

Meski dikaitkan dengan penyakit sistem saraf, namun bila anda tidak mengalami gejala lain yang menunjukkan gejala penyakit tersebut maka anda tak perlu khawatir. Jika ingin mengetahui kondisi anda dengan pasti, anda dapat memeriksakan diri ke dokter.

Sementara, gangguan mimpi seperti ini biasanya ditangani dengan cara memberikan beberapa obat seperti Clonazepam, yaitu obat penenang yang dapat membuat pasien merasa rileks saat tidur. Sebanyak 90% kasus yang ada dapat diobati dengan obat ini.

Namun, memang obat yang diberikan tergantung dengan masing-masing gejala yang dialami. Oleh karena itu, bila anda mengalami gangguan tidur seperti ini maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Meskipun bagi sebagian orang mengigau bukan masalah yang serius, namun mengigau bisa jadi akan menimbulkan gangguan bagi teman tidur anda. Karena itu, mengatasi kebiasaan mengigau mungkin bisa meningkatkan kualitas tidur anda dan juga teman tidur yang ada disebelah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *