Selain Sebagai Penangkal, Bambu Kuning Juga Punya Manfaat Lain. Apakah Itu?

Dari dulu sampai sekarang, kemampuan bambu kuning memang tak bisa dianggap remeh. Bambu kuning sering digunakan sebagai alat penangkal untuk mengusir mahkluk gaib yang jahat. Kalian pasti masih ingat dong dengan para pejuang kita yang mempertahankan tanah air tercinta ini.

Mereka memakai bambu untuk dijadikan senjata melawan para penjajah yang datang ke Indonesia. Kenapa harus bambu kuning? Kenapa bukan pohon jati atau sejenisnya? Hal itu mereka lakukan karena bambu memang sangat sakti kalau kamu gak percaya coba kamu baca-baca lagi literaturnya.

Sekarang ini, hampir semua jenis tanaman yang berasal dari bambu lekat dengan hal-hal mistisnya. Kita ambil contoh, bambu petung yang katanya tetap berdiri kokoh sampai bertahun-tahun lamanya karena mengandung sesuatu yang mistis atau tanaman bambu mini yang dipercaya banyak masyarakat bisa membawa keberuntungan bagi siapa yang memilikinya. Gak cuma itu saja guys, ada satu lagi jenis bambu yang juga lekat dengan hal gaibnya. Yups, bambu kuning namanya

Konon, tanaman satu ini memiliki kesaktian mendraguna dan juga banyak sekali mengandung hal-hal yang berbau mistis. Bahkan katanya, bambu kuning ini juga pernah menjadi senjata massal orang-orang Jawa Timur beberapa tahun lalu. Daripada kamu penasaran dengan hal gaib yang terkandung dalam bambu kuning, berikut akan saya berikan ulasan lebih dalam tentang tanaman ini yang akan embuat kamu kagum.

Bambu Kuning Konon Bisa Jadi Pagar Gaib

Sudah banyak yang bilang kalau tanaman jenis ini memang sangat disukai oleh mahkluk-mahkluk halus baik itu jin, dedemit, jurig atau apalah namanya itu. Kalau kata mereka yang pakar tentang dunia gaib, kenapa bambu kuning ini banyak disukai mereka itu dikarenakan tanaman ini memiliki seperti energi positif yang bisa membuat mahkluk-mahluk tak kasat mata enggak mau mendekat. Dan kalau mereka masih tetap nekat, katanya mereka akan terluka parah.

Nah, karena hal inilah yang kemudian banyak masyarakat kita menanam bambu kuning di rumah masing-masing untuk menangkal arwah jahat yang akan masuk. Gak cuma setan dan paran gengnya, tanaman ini juga bisa menangkal serangan-serangan seperti pengapesan atau santet lho. Buruan tanam guys!

Manfaat lain Bambu Kuning

Ternyata, selain sebagai penangkal arwah jahat, tanaman ini juga memiliki manfaat lain yang mungkin belom kamu ketahui.

Bambu Kuning Senjata Melawan Ninja

Bagi kamu yang berasal dari Jawa Timur khususnya. pasti masih ingat soal kejadian ninja-ninja dulu? Serem ya kalau diingat-ingat. Hampir setiap malam rasanya sangat mencekam.

Bagi yang domisilinya Jawa Timur, pasti masih ingat kan soal kejadian ninja-ninja dulu? Serem ya kalau diingat-ingat. Setiap malam rasanya sangat mencekam. Nah, hal yang paling di-notice dari kejadian ini selain terornya tentu saja, adalah kekompakan masyarakat menyimpan bambu kuning. Dulu, setiap rumah, bahkan kamar, pasti ada bambu kuningnya di pojok-pojok ruangan.

Kalau kata orangtua dulu, bambu kuning sangat efektif melawan para ninja itu. Mereka katanya gaib, tidak bisa dilukai dan bisa menghilang. Nah, ketika disabet-sabet dengan bambu kuning ini, ilmu mereka bakal tidak berguna alias hilang begitu saja. Kalau menurut ceritanya, cara ini memang berhasil.

Bambu Kuning untuk Jimat

Tak hanya sebagai alat proteksi hal-hal gaib, bambu kuning juga sering dipakai sebagai jimat. Konon, katanya sih barang siapa menyimpan bambu kuning maka ia bakal aman di mana pun berada. Tak hanya bebas gangguan fisik, tapi tentu saja yang gaib-gaib.

Untuk jimat, biasanya penggunaannya adalah dipotong kecil-kecil lalu disimpan. Entah itu di dompet, di saku, atau bahkan dibikin liontin kalung. Percaya nggak percaya sih, tapi katanya ini memang manjur. Nah, kalau kebetulan menemukan bambu kuning yang pethuk atau cabang ruasnya yang bertemu satu sama lain, ini juga bisa jadi jimat katanya. Malah yang ini konon lebih ampuh. Biasanya untuk khasiat penglaris juga.

Membawa Keberuntungan dan Menolak Maling

Alasan kenapa banyak orang memasangi rumahnya dengan bambu kuning bukan hanya karena khasiat proteksi gaib, tapi juga manfaat membawa keberuntungan. Katanya sih kalau seseorang memasang bambu kuning di rumahnya, rejeki bakal mengalir deras. Hal ini dikarenakan bambu kuning mengandung energi positif. Para ahli Feng Sui kadang juga menganjurkan bambu kuning sebagai ornamen karena manfaat yang serupa.

Nah, tak hanya itu bagi yang rumahnya rentan diincar maling bambu kuning katanya bisa memproteksi dari hal tersebut. Caranya ya tinggal lingkari saja rumah dengan bambu kuning niscaya maling bakal kesulitan untuk masuk. Belum ada buktinya sih, tapi banyak orang yang mempercayai hal tersebut.

Fakta Unik Bambu Kuning

Setelah tadi kita sudah membahas banyak tentang manfaat bambu, akan lebih baik bila mengetahui lebih jauh tentang tanaman yang satu ini. Terdapat banyak fakta unik tentang tanaman bambu, yaitu :

  • Bambu dapat mengatasi polusi yakni dengan menjadi penyerap karbondioksida yang sangatlah baik diantara tanaman-tanaman yang lain.
  • Di antara tanaman lain, bambu adalah tanaman yang proses pertumbuhannya paling cepat. Bahkan bambu bertambah tinggi sebanyak 5cm setiap jamnya.
  • Bambu kuning menjadi obyek seni banyak seniman China.
  • Bambu adalah tanaman yang tahan dari beragam kondisi cuaca bahkan yang ekstrim sekalipun.
  • Bambu mempunyai struktur pohon yang sangatlah kuat.
  • Tanaman ini mempunyai kemampuan untuk menyerap bau tidak sedap.
  • Bambu dapat menetralisir suhu. Bila didalam suhu dingin bambu bisa membuat suhu menjadi hangat serta didalam suhu panas bambu dapat mendinginkan suhu panas itu.

Kesimpulan
Tak hanya sebagai penangkal, bambu juga punya kegunaan yang luar biasa seperti mengurangi polusi, jadi objek seni, menetralisirkan suhu serta banyak manfaat lainnya. Selain batangnya, daun tanaman ini juga bermanfaat karena dapat menurunkan deman, mencegah penyakit kanker, mengobati luka pada kulit dan lain-lain.

Sebenarnya tak hanya sebatas ini saja lho manfaat bambu kuning kalau menurut masyarakat. Tanaman unik satu ini konon juga bermanfaat sebagai obat terutama untuk penyakit-penyakit agak berat macam liver dan asam urat. Caranya? Ya, tinggal dikonsumsi saja. Tapi, ini tentu saja butuh rujukan yang lebih dalam lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *