Proses Terbentuknya Payudara Serta Cara Merawatnya

Tubuh wanita saat akan beranjak dewasa atau memasuki masa puber, akan mengalami banyak perubahan. Salah satu yang sangat menonjol saat mereka mulai dewasa adalah payudara. Sebuah pertanyaan yang biasa mereka tanyakan pada diri mereka sendiri adalah apakah payudara mereka akan terasa sakit saat mulai tumbuh?

Payudara sendiri merupakan hasil dari jaringan lemak, pembuluh darah dan saluran susu. Alasan biologis kenapa setiap payudara wanita akan semakin membesar adalah untuk memberikan asupan gizi melalui ASI untuk makanan bayi mereka kelak.

Sebagian besar wanita akan mulai kelihatan memiliki pertumbuhan payudara saat mulai berusia 8 sampai 13 tahun. Pada artikel kali ini, kami akan membahas pertanyaan umum tentang perkembangan payudara.

Kami juga akan mengulas tanda dan tahapan dalam proses ini dan bagaimana cara merawat payudara setelah tumbuh di masa puber. Berikut ulasannya dari kami.

Terbentuknya Payudara

Struktur dari payudara wanita sangat lengkap, dimana bagian tubuh wanita tersebut terdiri dari jaringan lemak dan ikat, selain itu payudara juga mengandung saluran susu, pembuluh darah, kelenjar getah bening dan struktur yang dikenal sebagai Lobus dan Lobulus.

Setiap payudara dilengkapi dengan 12 sampai 20 bagian lobulus atau kelenjar penghasil susu pada ujung lobus dan Duct yang merupakan saluran susu. Menjelang puting, setiap duct melebar untuk membentuk suatu kantung yang disebut dengan ampula.

Dalam masa menyusui, duct tersebut membawa susu dari Alveoli yang terdiri dari kantung susu di lobulus ke daerah gelap pada bagian kulit payudara atau disebut dengan Areola yaitu daerah gelap yang melingkar pada ujung payudara sekitar puting.

Dari areola, saluran tergabung menjadi satu saluran yang lebih besar yang terletak pada bagian puting. Begini rinciannya biar anda tidak bingung.

  • Kelenjar susu (lobulus) yang menghasilkan susu.
  • Duct atau saluran yang mengangkut susu dari kelenjar susu (lobulus) ke puting.
  • Areola (daerah berpigmen merah muda atau coklat di sekitar puting susu).
  • Jaringan ikat (fibrous) yang mengelilingi lobulus dan duct.
  • Lemak.

Tanda-Tanda dan Tahapan Ketika Payudara Tumbuh

Ketika payudara wanita mulai tumbuh, ada beberapa tanda-tanda yang masih bisa dirasakan dan dilihat seperti tanda-tanda berikut ini:

  • Ada benjolan yang cukup terasa di bawah puting susu.
  • Area dada terasa lebih lunak terutama di sekitar bagian masing-masing puting.
  • Gatal di sekitar puting susu atau di sekitar area dada.

Sedangkan dalam proses payudara tumbuh, ada lima tahap perkembangan payudara. Tahapan ini dimulai dari kelahiran sampai seorang wanita mengalami pubertas. Apa saja tahapan perkembangan payudara yang terjadi?

Adapun lima tahapan yang biasa terjadi pada wanita yang memasuki masa puber, antara lain sebagai berikut:

  • Tahap 1 (kurang dari 10 tahun)
    Pada periode ini anak berkembang di semua bidang, namun perkembangan payudara belum terlihat. Hanya areola kecoklatan di mana suatu hari nanti payudara dan putting berkembang sepenuhnya.
  • Tahap 2 (usia 8-13 tahun)
    Ada beberapa sudut pandang yang berbeda untuk usia di mana tahap ini dimulai. Ada pula orang-orang yang mengatakan bahwa itu dimulai pada Sembilan tahun. Dalam tahap ini kuncup payudara kecil berkembang dalam persiapan untuk pertumbuhan saluran.
  • Tahap 3 (12-14 tahun)
    Pada tahap ini kuncup payudara mulai besar. Mungkin akan timbul rasa sakit atau ketidaknyamanan.
  • Tahap 4 (12-15 tahun)
    Pada tahap perkembangan payudara membentuk gundukan dan secara bertahap membesar, mungkin muncul garis-garis merah muda di payudara, ini hanya tanda sementara dan akan memudar seiring dengan waktu. Rasa yang tidak nyaman ini akan berlalu dalam waktu sekitar satu tahun atau lebih.
  • Tahap 5 (14-18 tahun)
    Ini adalah tahap terakhir dimana payudara menjadi matang dan menjadi bulat penuh. Ini adalah tentang waktu ketika seorang wanita telah menyadari perkiraan payudara dan ukuran bra yang memungkinkan akan dipakai selama hidupnya. Akan ada factor yang akan mengubah ini, ukuran payudara akan meningkat dengan adanya kehamilan dan berat badan. Selain itu jika wanita muda yang kelebihan berat badan, maka penurunan berat badan yang dramatis tentu saja akan mengurangi jumlah lemak di payudara dan ukuran bra akan berkurang.

Kapan Pertumbuhannya Akan Berhenti?

Payudara wanita akan tumbuh dan berkembang selama masa pubertas dan berhenti setelahnya. Pada wanita masa pubertas biasanya berakhir pada usia 18-20 tahun. Pada fase ini, payudara sudah tumbuh maksimal.

Hal itu merupakan pertanda bahwa ukuran payudara pada usia 18 tahun adalah ukuran payudara yang dimiliki selamanya. Satu hal yang dapat mengubah ukuran payudara pada usia tersebut hanyalah faktor perubahan hormon, penurunan berat badan atau naiknya berat badan yang meningkat.

Payudara itu tumbuh dan terdiri dari jaringan fibrosa dan jaringan lemak. Rebecca Brightman, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang berbasis di New York, Amerika Serikat menjelaskan bahwa tingkat kekencangan payudara juga dipengaruhi faktor genetika.

Jangan heran jika ukuran kedua payudara seorang wanita itu berbeda, karena hal itu bisa terjadi pada semua wanita dan terbilang normal.

Merawat Payudara Ketika Mulai Tumbuh

Begitu seorang wanita telah mengalami pertumbuhan pada payudaranya, penting baginya untuk merawat mereka sama seperti bagian tubuh lainnya.

Memastikan bra atau atasannya yang pas adalah hal yang penting jika mereka memutuskan memakainya untuk mendapatkan dukungan, itu penting. Hal ini juga dianjurkan untuk memiliki beberapa waktu tanpa memakai bra, sehingga kulit bisa bernafas.

Wanita juga perlu memeriksa payudara mereka secara teratur untuk benjolan dan tanda peringatan lainnya dari kanker payudara. Seorang dokter bisa menjelaskan prosesnya, atau wanita bisa membaca panduan secara online.

Pertanyaan Umum Semua Wanita

Hal yang normal bagi anak perempuan khususnya saat remaja untuk memiliki banyak pertanyaan tentang payudara mereka yang mulai berkembang. Dengan melihat perubahan pada tubuh bisa menjadi hal yang sangat menakutkan dan sangat normal untuk khawatir dengan apa yang akan terjadi nanti.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawaban tentang perkembangan payudara untuk membantu para remaja yang puber agar tidak perlu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi nantinya.

1. Apakah Payudara Akan Terasa Sakit saat Tumbuh?

Ada beberapa remaja putri yang merasakan sakit ketika payudara tumbuh, tapi jangan khawatir. Payudara sendiri mulai berkembang saat ada pelepasan hormon estrogen dan progesteron saat pubertas.

Hormon inilah yang membuat jaringan payudara tumbuh. Kulit di sekitar area payudara bisa meregang dan hal ini yang menyebabkan payudara terasa sakit saat tumbuh.

Hormon yang merangsang pertumbuhan payudara seperti yang dilansir di Medical News Today juga bisa membuat payudara terasa tak nyaman saat mulai tumbuh.

Hormon ini mengubah kadar cairan di jaringan payudara yang bisa membuat payudara lebih sensitif dan terasa sakit. Saat sudah mulai menstruasi, beberapa wanita juga akan akan merasakan sakit di area payudaranya. Rasa sakit ini disebabkan oleh perubahan hormon dan merupakan hal yang normal dari siklus menstruasi.

2. Mengapa Tanda Merah Muncul di Payudara?

Seiring pertumbuhan jaringan payudara, kulit di sekitarnya akan mengalami peregangan untuk menyesuaikan ukuran payudara yang semakin besar.

Terkadang kulit tidak bisa meregang dengan cukup cepat sehingga menyebabkan bekas peregangan merah muncul. Tidak perlu khawatir, ini adalah hal yang normal.

Ada banyak krim yang tersedia di apotek untuk membantu mengurangi kemunculan tanda ini. Seiring waktu, garis warna merah ini akan memudar menjadi putih dan akan menghilang dengan sendirinya.

3. Apakah Benjolan di Payudara Berarti Kanker?

Benjolan yang ditemukan saat payudara tumbuh mungkin tidak akan berbahaya. Namun, jika merasa khawatir, pergi ke dokter bisa menjadi solusinya.

Ketika payudara tumbuh, biasanya akan ada benjolan di bawah puting susu. Sebenarnya ini adalah hal normal dan merupakan bagian dari proses pertumbuhan payudara. Sebagian besar benjolan ini disebut dengan “Fibroadenoma” atau pertumbuhan jaringan ikat di payudara yang berlebihan.

Meskipun berlebihan, kemungkinan besar benjolan payudara yang ditemukan saat pertumbuhan payudara tidak berbahaya. Saat payudara sudah tumbuh sepenuhnya, wanita harus rajin memeriksa payudara sendiri secara berkala. Jika menemukan benjolan yang tidak biasa ada, segera konsultasikan hal ini dengan dokter.

4. Apakah Normal Payudara yang Tumbuh Besar Sebelah?

Sangat normal bagi setiap dua payudara wanita ini untuk tumbuh pada tingkat yang berbeda. Bahkan saat berkembang sepenuhnya, ukurannya mungkin berbeda. Memiliki ukuran payudara yang tidak sama jarang menjadi perhatian kesehatan, meski ukuran keseluruhannya berbeda.

Payudara yang tidak rata biasanya bukan sesuatu yang orang lain akan perhatikan, namun wanita muda terkadang bisa sadar akan perbedaan ini. Menggunakan padding (lapisan) pada satu sisi bra bisa membantu wanita yang mengalami akan merasa lebih percaya diri.

Itulah artikel kami kali ini tentang perkembangan payudara pada masa puber, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan khususnya bagi wanita yang saat ini lagi masa puber. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *