Pengertian Google Dan Search Engine serta Manfaatnya

Di zaman yang canggih seperti sekarang ini, kita tidak perlu khawatir lagi untuk mengetahui segala hal. Semua yang ingin diketahui cukup dengan buka Google atau orang Indonesia menyebutnya dengan “mbah Google” karena dianggap bisa mengetahui semua hal. Kamu pasti sering lihat di internet atau di handphone kamu tulisan Google dan Search Engine, nah tahukah kamu apa perbedaan dari keduanya?

Banyak orang yang menjelaskan secara singkat tentang Google dan search engine, namun tidak tahu cara kerja dari keduanya. Padahal, kalau dilihat cara kerja keduanya sangat berbeda jauh. Daripada anda penasaran, simak penjelasan dibawah ini.

Perbedaan utama

Perbedaan utama antara istilah ini yang paling banyak digunakan untuk pengguna internet bahwa Google adalah sebuah mesin pencari yang memungkinkan orang untuk menemukan informasi di web. Itu juga, tanpa harus membuka halaman tertentu atau situs web dan bisa mendapatkan berbagai pilihan di mana mereka bisa mendapatkan data yang mereka butuhkan dalam bentuk teks, gambar atau bahkan dokumen. Sedangkan Google Chrome adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang diperkenalkan oleh Google yang memungkinkan orang untuk membuka dan membaca data dari situs web tertentu atau halaman yang masuk ke bar.

Apa itu Google

Google adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan di Amerika Serikat dan memiliki tugas di bidang jasa dan produk-produk Internet. Produk yang dimaksud adalah seperti teknologi pencarian, komputansi web, perangkat lunak dan periklanan. Sebagian besar keuntungan yang di dapat Google berasal dari AdWords

Perusahaan ini didirikan oleh dua orang mahasiswa jurusan Ph.D. di Universitas Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Mereka berdua memegang saham sebesar 16 persen. Mereka berdua kemudian menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Misi mereka adalah untuk mengumpulkan semua informasi dunia dan membuatnya mudah di akses serta bermanfaat bagi semua orang. Mereka juga memiliki slogan “Don’t be Evil”

Don’t be Evil atau dalam bahasa Indonesia adalah “jangan berbuat jahat” ini pertama kali dicetuskan oleh sala satu seorang karyawan Google yang bernama Paul Buchheit. Slogan ini sangat mengena sekali dengan produk yang dimiliki Google. Dapat kita lihatbanyak sekali produk Google yang gratis, mulai dari tempat penyimpanan data gratis hingga OS Android yang memiliki sifat open source. Ya, itulah taktik bisnis Google sehingga banyak konsumen yang senang dengan hal berbau gratis dan akhirnya konsumen tersebut merasa nyaman dengan Google.

Apa itu Search Engine

Search Engine adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. Sekian ratus juta kueri (permintaan yang berbau data atau semacamnya) yang dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.

Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama “PageRank”. Google Search memberikan banyak pilihan pencarian kustom dengan operator Boolean seperti: pengecualian (“-xx”), alternatif (“xx OR yy”) dan kartu liar (“x * x”).

Tujuan utama Search Engine adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web (dalam format HTML, PDF, etc.), berbeda dengan data-data lain yang dapat dicari menggunakan layanan semacam Google Image Search. Google Search menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah dan skor olahraga.

Contoh search engine yang umum diketahui adalah Google, Yahoo, Duckduckgo, Bing, Baidu, ask.com dan lain-lain. Search engine umumnya dapat diakses dengan menggunakan web browser seperti Mozilla, Firefox, Opera atau Internet Explorer. Search engine mana yang merupakan favorit anda? Kalau saya pasti DuckDuckGo & Google.

Ada pula fitur istimewa untuk penanggalan, termasuk rentang angka, harga, suhu, konversi mata uang, perhitungan, pelacakan paket, paten, kode wilayah dan penerjemahan bahasa. Pada bulan Juni 2011, Google meluncurkan “Google Voice Search” dan “Search by Image” yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu dengan perintah suara dan gambar. Bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika Serikat.

Manfaat Search Engine

Search engine adalah sumber informasi terbesar dan terlengkap yang bisa kita akses saat ini, dengan menggunakan search engine kita dapat mendapatkan banyak sekali dokumen dan data-data yang kita perlukan untuk belajar, bekerja, berbisnis, hiburan, atau hobi. Saya akan memberikan beberapa contoh konkrit manfaat search engine pada kehidupan sehari-hari.

1. Anda ingin memasak Rendang, tapi tidak tau resepnya apa? Anda lalu ke Google dan search “resep masak Rendang.” Disana anda dapat melihat dan mencontoh banyak resep dari sumber yang berbeda-beda secara gratis. Tidak perlu membeli buku resep lagi atau tanya orang. Cukup tanya mbah Google.

2. Anda ingin jualan sesuatu tapi tidak tau jualan dimana, anda buka Google lalu search “jualan online,” disana ada tips-tips jualan online dan lain sebagainya untuk membantu anda berbisnis lebih mudah.

3. Anda ingin mencari alamat suatu tempat, tinggal ketik alamatnya di Google. Atau langsung saja buka Google Maps. Google akan memberikan arahan jalan yang harus anda tempuh.

Sekarang malah lebih bagus lagi, anda tidak hanya mendapatkan petunjuk bagaimana cara ketempat yang anda inginkan, Google juga akan mencari jalan yang mana yang paling cepat menuju ke sana, informasi kemacetan, perkiraan panjang perjalanan, dan lain-lain.

Intinya Google benar-benar memberikan anda segudang informasi. Tapi pasti anda tau sendiri kegunaan Google search yang lain dalam kehidupan sehari-hari. Nah, sekarang anda sudah paham manfaat dan pengertian search engine? Apa itu Google? Saya harap begitu. Karena search engine merupakan fasilitas yang sangat berguna dalam kehidupan kita.

Cara Kerja Google & Search Engine

Pernahkah anda memikirkan apa yang terjadi ketika anda mencari sesuatu di Google atau Search Engine lainnya? Saya akan berusaha menjelaskan cara kerja Google pada anda dengan simple. Let’s start! Ketika anda mencari sesuatu di Google search box, beberapa hal ini adalah yang harus dilakukan Google untuk menemukan informasi yang anda perlukan.

1. Crawling

Google selalu ingin memberikan hasil yang terbaik untuk penggunanya. Oleh karena itu Google menjelajahi trilliunan halaman dan dokumen yang ada pada world wide web. Mulai dari mana? Google selalu memulai penelusuran data-data dari website yang paling terpercaya dan berkualitas tinggi.

Biasanya website yang paling dipercaya dan dianggap berkualitas adalah website-website milik pemerintah seperti www.indonesia.go.id, www.bi.go.id dan https://id.usembassy.gov. Atau website-website yang terkenal sekarang seperti www.youtube.com dan https://id.techinasia.com/. Tentunya masih banyak lagi website yang dianggap berkualitas dan terpercaya oleh Google.

Dari website-website yang terpercaya, Google akan menemukan link-link ke website lain. Dari website-website ini ke beberapa yang lain lagi. Sehingga bentuknya menjadi seperti jaring laba-laba yang bercabang kemana-mana. Oleh karena itu disebut world wide web.

Yang menelusuri website-website untuk mencari dokumen dinamakan spider atau crawler. Yes, laba-laba ini sebenarnya adalah sebuah program atau script yang dibuat untuk menelusuri dan mencatat isi dari jutaan website yang dikunjungi untuk ditampilkan nanti. Nama lainnya adalah web bot, web crawler, web robot, dll.

Google bot / spider menjelajahi world wide web dengan menelusuri semua link dalam satu website ke page lain atau ke website lain dan datanya dimasukkan ke dalam index. Perlu diingat ya, Google tidak melakukan crawling hanya saat ada user yang mencari informasi. Google melakukan crawling secara berkala.

2. Indexing

Dokumen dan halaman yang telah ditelusuri pada proses crawling akan dimasukkan ke dalam list database milik google. Dokumen yang relevan akan dipilih dari database tersebut. Dari database inilah Google mencari informasi yang anda inginkan. Setiap ada orang mencari sesuatu di Google, hanya data dari website yang ada di index Google-lah yang akan ditampilkan sebagai search result nanti. Tapi ternyata ada ratusan ribu, bahkan hingga jutaan dokumen & data yang dapat dibilang relevan dalam index ini. Lalu bagaimana? Nah masuklah ke langkah berikutnya.

3. Ranking

Dari jutaan halaman dan dokumen yang relevan, Google akan memberi nilai kepada masing-masing data untuk menentukan yang mana yang paling relevan dan dianggap terpercaya dan sesuai dengan apa yang anda cari. Ranking inilah yang menentukan website mana yang akan muncul di page 1, page 2 dan seterusnya. Ranking juga menentukan pada page 1, website mana yang akan berada di posisi 1, 2 dan seterusnya.

Berada di page 1 dan posisi 1 adalah kemauan setiap pemilik website. Kenapa? karena berdasarkan sebuah studi, berada di posisi 1 Google berarti anda akan mendapatkan rata-rata 32.5% dari total pengunjung pada page 1, sedangkan posisi 2 hanya 17.6% pengunjung. Kesimpulannya, makin tinggi peringkat anda di Google makin banyak orang yang berkunjung ke website anda. Kalau anda adalah sebuah bisnis, maka ini adalah sesuatu yang menguntungkan.

4. Delivering Result

Google memberikan anda hasil yang dianggap terbaik dan paling relevan dan dia berharap orang yang mencari merasa puas dengan hasilnya.

Mudah ya? Memang nggak susah kok untuk mengerti cara kerja Search Engine dan saya rasa penting untuk dipahami, terutama karena saya yakin anda adalah pengguna setia Google.

Siapa tau nanti ada yang bertanya pada anda, apa itu Google? Gimana si cara kerja Google? Atau apa itu Search Engine? Selama ini menggunakan Google, sekarang anda hanya bisa diam termenung meratapi nasib ketika ditanya karena nggak tau atau malah asbun (asal bunyi). Waduh, jangan sampai deh!

Kesimpulan
Google lebih condong pada sesuatu yang memiliki tugas di bidang jasa dan produk-produk Internet. Produk yang dimaksud adalah seperti teknologi pencarian, komputansi web, perangkat lunak dan periklanan. Sebagian besar keuntungan yang di dapat Google berasal dari AdWords. Sedangkan Search Engine lebih kepada pencarian teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web (dalam format HTML, PDF, etc.), berbeda dengan data-data lain yang dapat dicari menggunakan layanan semacam Google Image Search.

Berarti, dengan semua penjelasan di atas anda jangan khawatir lagi untuk menjawab pertanyaan mengenai kedua hal ini. Baiklah saya rasa cukup pembahasan kita kali ini tentang cara kerja search engine dan apa itu Google. Saya harap anda sudah tau apa itu Google dan pengertiannya serta pengertian search engine dan cara kerja search engine secara general. Semoga dengan apa yang sudah saya berikan dapat membantu anda yang membaca artikel ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *