Usia Bertambah “Miss V” Pun Akan Berubah, Lakukan Cara Ini Sebelum Terjadi

Ketika usia kita menua, tidak hanya rambut dan kulit saja yang mengalami penuaan. Beberapa bagian tubuh lainnya juga mengalami perubahan. Apa saja itu? Pada perempuan, contohnya payudara yang mulai kendur. Perempuan juga pasti mengalami menopause. Tak hanya itu saja, bentuk genital pada perempuan pun dapat mengalami perubahan. Mungkin Anda tidak menyadarinya saat vagina mengalami perubahan. Ya, ternyata bentuk vagina berubah seiring dengan bertambahnya usia.

Dibandingkan dengan organ reproduksi laki-laki, studi yang dilakukan pada organ reproduksi wanita lebih jarang dilakukan. Hal ini dikatakan peneliti kemungkinan karena masih banyak wanita tertutup soal Miss V. Berkaitan dengan hal tersebut, vagina memang diketahui akan berubah. Perubahan ini wajar terjadi dan bukan merupakan tanda penyakit sehingga penting bagi wanita untuk mengetahuinya. Ingin tahu seperti apa?

Beberapa hal tentang miss v yang perlu diketahui

Miss V, Vagina atau organ intim wanita adalah salah satu bagian tubuh wanita yang paling banyak mendapat perhatian selain wajah dan payudara. Perhatian itu tidak hanya pemiliknya sendiri tetapi bisa jadi orang lain (suami). Bentuk perhatian itu bisa bermacam-macam, tetapi yang umum dilakukan agar miss v tetap sehat adalah menjaga kebersihannya dan kelembabannya. Berikut ini adalah hal yang patut diketahui tentang apa dan bagaimana miss v itu.

  • Mengeluarkan Darah Pertama

Jangan kaget dulu! ini adalah sesuatu yang alami dan sehat. Saat perempuan sudah menginjak usia dewasa 12 sampai 14 tahun akan ditandai dengan proses peluruhan sel telur yang tidak dibuahi. Darah yang keluar rata-rata sekali menstruasi adalah 40 ml dan berlangsung selama 7 hari.

Keluar darah ini bukan sekali seumur hidup tetapi akan datang tiap bulan dan menjadi siklus bulanan. Siklus bulanan ini akan berlangsung semanjak gadis usia dewasa (pubertas) sampai masa menopuse (kisaran usia 50 tahun). Usia menopouse seseorang bisa berbeda, tergantung bagaimana dia merawat miss v nya. Tapi umumnya usia 50 tahun wanita banyak yang mengalami menopouse.

Perasaan depresi, gampang marah, susah konsentrasi, mudah sedih adalah sikap emosi yang biasa terjadi jika seorang wanita sedang datang bulan. Sedangkan secara fisik akan ditandai demam, pusing, perut mual, payudara mengeras, nyeri pada otot pinggul dan kram dibagian perut bawah.

Jika sering terjadi kram atau nyeri saat menstruasi bisa mengkompres perut bagian bawah dengan air hangat, orah raga ringan, tidur dengan kaki di tekuk ke atas.

  • Organ Tubuh Yang Sensitif

Karena letaknya yang tersembunyi dan berada diantara dua lipatan paha maka miss v tergolong organ luar tubuh yang sensitif. Bentuk dan susunannya yang kompleks membuat wanita harus sedikit ekstra untuk merawatnya dengan baik. Bentuk dan susunan vagina lebih kompleks dari alat indra manusia seperti, kulit, hidung, mulut dan telinga.

  • Bentuknya Yang Unik

Bentuk miss v yang unik sering menginspirasi seseorang untuk membuat karya seni yang menyerupainya. Tapi kebanyakan yang di jual dipasaran adalah milik orang laki-laki (penis). Konon Bung Karno membuat Tugu Monas karena salah satunya terinspirasi bentuk organ intim wanita.

Keunikan bentuknya juga berlanjut pada keunikan penyebutannya, hampir tiap daerah di Indonesia mempunyai nama sendiri-sendiri. Tetapi secara umum dan dalam literatur ilmiah menyebutnya vagina. Lambangnya secara internasional diakui bentuknya dengan gambar lingkaran yang disambung bagian luarnya tanda plus.

  • Konsumsi Makanan Tertentu Lebih Menyehatkan

Kita tentunya setuju bahwa makanan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang organ tubuh manusia. Makanan sehat, tercukupi nutrisi dan gizinya akan membantu tubuh manusia tumbuh dan berkembang sempurna.

Begitu juga dengan organ intim wanita. Konsumsi makanan tertentu bisa berpengaruh terhadap kesuburan, kelembaban, kerapatan (rapet) dan sensitifitasnya. Contohnya makanan ini bisa membuat miss v sehat dan terawat, teh hijau, ikan, yogurt, jus daun kemangi, apel dan bawang putih.

Untuk peawatan luar Anda bisa menggunakan bahan-bahan herbal, seperti air rebusan daun sirih dan daun gambir. Atau secara paraktis dan mudah bisa pakai Tisu Majakani dan Ladyfem

  • Lokus (tempat) Untuk Menyalurkan Hasrat Seksual

Miss v atau Vagina adalah organ seksual wanita, jadi ditempat ini seorang wanita dewasa bisa mengalami kepuasan seksual luar biasa yang ditandai dengan orgasme. Orgasme bisa dicapai seorang wanita jika melakukan hubungan seksual, masturbasi (onani) atau terangsang secara tiba-tiba.

Vagina memang bukan satu-satunya organ seksual yang menimbulkan hasrat seksual pada wanita.  Ada payudara, leher, mulut dan bagian-bagian sensitif lainnya, tetapi saluran untuk mencapai kepuasan sempurna adalah miss v.

  • Organ Reproduksi

Miss v selain sebagai organ seksual juga sebagai organ reproduksi. Ketika seorang wanita melakukan hubungan seksual dengan pasangannya secara wajar maka akan terjadi pembuahan pada sel telur. Nah, ketika terjadi pembuahan maka akan muncul manusia baru yang ditandai tumbuhnya bayi dalam rahim seorang wanita. Dalam kurun waktu 9 bulan 10 hari vagina akan mempersiapkan salurannya untuk dilewati bayi yang mau lahir.

Bagaimana perubahan vagina seiring kita bertambah usia?

ACOG atau Kongres Obstetricians dan Ginekologi Amerika dan Women’s Health bekerja sama melakukan survei eksklusif terkait seberapa besar wanita mengenal perubahan yang terjadi pada anatomi vaginanya. Jawabannya pun cukup mengejutkan, karena ternyata sebagian besar dari mereka tidak paham.

Untuk meningkatkan kesadaran dan pengertian soal organ intim Anda, berikut detail mengenai kondisi perubahan vagina sesuai rentang usia yang bisa Anda jadikan pedoman untuk merawat kesehatannya.

  • Bentuk vagina usia 20 tahun setelah pubertas

Memasuki usia 20 tahun, Anda telah selesai mengalami pubertas. Akhirnya organ tubuh Anda mencapai fase ukuran dewasa. Begitu juga dengan labia mayora (bagian luar bibir vagina), bentuknya akan menjadi lebih ramping. Pada usia ini, lemak subkutan (lemak yang letaknya di bawah permukaan kulit) mengalami penurunan, termasuk di genital Anda.

  • Perubahan warna vagina pada usia 30 tahun

Pada usia ini terjadi perubahan hormon akibat kehamilan dan pil KB. Penuaan dapat menyebabkan labia minora (bagian dalam bibir yang melingkari klitoris dan mulut vagina) menggelap. Penggunaan pil KB selama beberapa tahun dapat menyebabkan vagina mengering, serta terbatasnya lubrikasi vagina.

Beberapa perempuan mengalami kekeringan vulva akibat pemakaian pil KB. Penyebabnya adalah pil ini dapat menghambat hormon laki-laki yang disebut androgen, vulva inilah yang memiliki reseptor terhadap hormon androgen.

Sama halnya dengan kehamilan dan melahirkan, vulva dan vagina tetap akan terkena dampaknya. Bahkan beberapa perempuan menemukan varises di vagina akibat rahim membengkak ketika Anda hamil. Tapi tenang saja, pembesaran pembuluh darah tersebut ketika hamil adalah hal yang wajar.

Mungkin Anda khawatir bentuk vagina tidak akan kembali setelah melahirkan, faktanya adalah bentuk vagina akan kembali normal saat melahirkan. Alasannya adalah vagina kaya akan pasokan darah dan memiliki keelastisitasan yang alami. Ada beberapa perempuan yang mengalami beberapa kerusakan otot dan saraf mengingat adanya tekanan pada otot dasar panggul selama kehamilan dan kelahiran.

  • Efek perubahan estrogen pada usia 40 tahun

Ya, usia ini memang fungsi reproduksi akan sedikit menurun. Perempuan masih tetap mengalami ovulasi dan menstruasi, tapi siklus ini akan lebih pendek dari biasanya. Anda juga mulai mengalami tanda-tanda akan menopause akibat penurunan hormon estrogen. Uniknya bagi Anda yang terbiasa mencukur rambut kemaluan, Anda akan menyadari efek dari mencukur itu sendiri, yaitu perubahan pigmen kulit sekitar vagina. Penurunan hormon estrogen berpengaruh pada rambut kemaluan yang mulai menipis pada usia ini.

  • Perubahan vagina pada usia 50 tahun

Mungkin pada usia ini, Anda mulai mengalami awal-awal menopause. Efek dari penurunan estrogen dapat membuat vagina menjadi lebih tipis, kurang elastis, kering pada vulva dan vagina. Anda akan memerlukan pelumas tambahan saat berhubungan seks, agar tidak sakit dan iritasi. Jika Anda sering memerhatikan perubahan pada vagina, Anda akan menemukan vagina kehilangan lemak dan kolagen, sehingga sangat mungkin ditemukan kerutan pada bagian ini. Ketika hormon estrogen berkurang, pH vagina pun akan berkurang, vagina Anda dapat terkena bakteri tertentu. Keasaman pun bisa bertambah sehingga vagina sangat rentan terhadap infeksi.

  • Perubahan vagina usia 60 tahun

Hot flashes dan berkeringat pada malam hari dapat terjadi selama beberapa tahun. Kering pada vagina tidak dapat dihindari, sekitar 50 hingga 60 persen perempuan mengalami masalah kering pada vagina. Anda perlu mengunjungi dokter untuk mengatasi masalah ini.

Cara agar miss v tetap kencang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bentuk vagina akan berubah dimulai pada awal usia 20-an, Anda akan mulai kehilangan lemak di labia mayora dan mons pubis. Saat mendekati menopause, lapisan vagina jadi menipis dan aliran darah akan berkurang serta otot-otot dasar panggul melemah.

Vagina yang kendur dapat menghancurkan rasa percaya diri wanita. Mungkin, ini sebabnya banyak wanita melakukan operasi plastik untuk vagina. Tapi, sebelum Anda juga ikut melakukan operasi plastik, coba dulu trik-trik mengencangkan vagina berikut ini.

1. Hindari diet yoyo

Diet yoyo sering juga disebut dengan nama diet putar. Hampir sama dengan namanya yaitu yoyo, dimana seseorang akan menurunkan berat badannya sesingkat mungkin kemudian mereka akan memakan kembali seenaknya tanpa mengontrol makanan apa itu. Nah, saat berat badan mereka naik kembali maka mereka akan berusaha untuk menurunkannya kembali dengan waktu yang sesingkat mungkin dengan melakukan diet yang ketat.

Diet seperti ini jika dilakukan secara berulang–ulang dapat menyiksa tubuh mereka sendiri. Berat badan tidak stabil inilah yang menyebabkan otot vulva vagina semakin mengendur. Semakin sering berat badan naik turun, semakin besar peregangan yang terjadi.

2. Senam kegel

Kita tahu manfaat senam kegel untuk mengencangkan otot-otot vagina. Tapi, banyak wanita jarang melakukannya. Kalaupun dilakukan, intensitasnya kurang. Disarankan agar wanita melakukan senam kegel dengan menahan otot dasar panggul selama lima detik, rileks kemudian ulangi 100 kali lakukan tiga kali sehari.

3. Ganti kursi kantor

Ganti kursi kantor dengan Swiss Ball selama 15 menit dalam sehari. Hal ini akan membantu mengencangkan otot vagina dengan cara memaksa otot dasar panggul berkontraksi.

4. Rutin bercinta

Hal ini bukan mitos belaka, namun banyak dari para ahli kesehatan yang mengatakan hal seperti demikian. Ini disebabkan adanya hubungan erat antara kegiatan seks beserta kebahagiaan ketika anda berada didalam puncak kenikmatan.

Dalam beberapa survei yang ditanyakan langsung kepada para wanita yang telah menikah juga mengatakan bahwa kegiatan intim yang dilakukan secara rutin dan teratur berpengaruh besar terhadap kesehatannya. Hal ini disebabkan oleh permainan diatas ranjang yg mampu meningkatkan produksi hormon endorfin dan membuat hidup anda jauh dari kata stress

5. Hindari terlalu lama mengendarai sepeda

“Gesekan konstan vagina dengan bangku sepeda dapat membuat otot vagina, terutama di bagian labira mayora mengendur,” kata Direktur Bedah Kosmetik di Duxbury, Massachusetts, Christine Hamori, MD.

6. Gunakan pembersih khusus vagina yang lembut

Sebenarnya, wanita tidak dianjurkan membersihkan area intimnya dengan cara menggosok bagian labia setiap hari. Dan apabila Anda melakukannya, pilihlah pembersih khusus vagina yang lembut. Pembersih yang keras hanya akan membuat kulit kering dan iritasi.

7. Woman on top

Posisi wanita selalu di bawah saat bercinta, kadang-kadang bisa menyebabkan peregangan otot vagina yang pada akhirnya menyebabkan kekenduran. Berbeda jika wanita berada di posisi atas ketika bercinta, wanita akan lebih mudah mengontraksi otot-otot vaginanya seolah seperti sedang senam kegel.

Merawat dan menjaga daerah kewanitaan kita tidaklah sulit asal kita tau cara merawatnya secara baik dan tepat. Untuk mendapatkan manfaatnya cobalah untuk melakukan secara rutin dan teratur. Yuk kita lakukan mulai sekarang, semoga bermanfaat yah, salam sehat dan cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *