Sejarah dan Manfaat Tanaman Aloe Vera

Aloe Vera atau biasa disebut dengan Tanaman Lidah Buaya berasal dari Afrika, tanaman lidah buaya yang merupakan tanaman herbal ini juga dikenal sebagai “Lily Gurun”, yang berarti tanaman yang abadi dan tanaman obat. Liur dari lidah buaya ini rasa yang pahit atau dalam bahasa arab disebut “Alloe” dan akhirnya tanaman tersebut disebut dengan nama aloe vera.

Mereka yang menggunakan tanaman ini tahu bahwa itu adalah penyembuh yang efektif dan bisa digunakan dalam berbagai aplikasi berbeda karena berbagai alasan berbeda. Tanaman lidah buaya sangat umum terjadi dan karena penggunaan obat lidah buaya banyak orang menanam tanaman ini di rumah mereka sehingga mereka selalu memilikinya. Berikut penjelasan tentang Aloe Vera yang akan kita bahas kali ini, cekidot.

Sejarah Tanaman Lidah Buaya

Catatan fisik pertama dari tanaman lidah buaya terjadi di sebuah batu yang ditulis di Sumeria, sekitar tahun 2100 SM, meskipun ada bukti yang menunjukkan bahwa tanaman ini digunakan jauh sebelum kemudian untuk mengobati berbagai macam penyakit dan penyembuhan.

Tanaman ini adalah kesukaan orang-orang Mesir, Romawi dan Yunani serta budaya Cina dan India. Sementara catatan paling awal mungkin dari tahun 2100 SM, kemungkinan kultur ini menggunakan lidah buaya selama ribuan tahun sebelum ada yang mencatat penggunaannya.

Sejarah Lidah Buaya di Yunani

Selama beberapa hari, orang Yunani dan Romawi sangat kesulitan untuk mendapatkan lidah buaya sehingga siapapun yang memiliki tanaman ini akan sangat berharga bagi yang punya. Selama perang salib terjadi, Alexander the Great membawa pasukannya untuk mendatangi beberapa pulau dan mencari lidah buaya dengan jumlah yang sangat banyak.

Tanaman ini dengan cepat menjadi bagian dari jatah mereka yang diberikan kepada pasukannya, baik itu digunakan untuk menyembuhkan luka bakar dan luka ringan yang terjadi di dalam kamp dan dalam pertempuran.

Penggunaan Aloe Vera di Mesir

Di Mesir, Aloe dikaitkan dengan para dewa dan diyakini sebagai tanaman suci. Berbagai ratu percaya itu menjadi sumber kecantikan dan kesehatan mereka bahkan bisa memberi mereka keabadian. Jus dari daun lidah buaya digunakan untuk kulit dan juga diminum untuk meningkatkan kesehatan.

Hal ini juga terkenal digunakan untuk melestarikan mayat dan karena keduanya anti jamur dan anti bakteri, sangat efektif untuk melestarikan mayat begitu dikubur. Sementara lidah buaya tidak dapat memberikan keabadian seseorang, orang Mesir juga tahu bahwa lidah buaya dapat menenangkan rasa sakit dan meredakan radang.

Aloe Vera di Dunia Baru

Lidah buaya termasuk dalam tanaman yang dikirim bersama Columbus saat dia menemukan dunia baru. Mungkin ini adalah pelayaran bersama dengan penjelajah lainnya yang mengikuti jejaknya yang membawa lidah buaya ke dunia baru di mana ia menemukan akar baru dan tujuan baru.

Tanaman ini diangkut dengan pot di seberang lautan dan digunakan untuk tujuan penyembuhan mereka di kapal dimana ketidaknyamanan pencernaan, kekurangan gizi dan luka ringan serta luka bakar yang sering terjadi. Ketika tanaman ini dibawa ke peradaban Maya dan Aztec, mereka menganggapnya seperti manusia purba dan orang Mesir sebagai hadiah dari para dewa.

Manfaat Lainnya dari Tanaman Herbal Lidah Buaya

Saking banyaknya vitamin serta mineral yang terkandung dalam tanaman ini menjadikannya sebagai tanaman yang sangat baik untuk suplemen makanan. Karena dapat membantu memperlancar pencernaan dan membantu dalam sirkulasi darah dan limfatik atau getah bening yang dimiliki tubuh. Suplemen dari lidah buaya berfungsi untuk ginjal, hati dan empedu. Aloe Vera ini juga sangat baik untuk lambung, usus kecil dan usus besar yang dapat mencegah Overacidity atau penyebab umum dari gangguan pencernaan.

Jus Tanaman Herbal Lidah Buaya

Bagian dari tanaman lidah buaya ini mengandung 96% air dan 4% adalah bahan aktif yang merupakan asam amino, mineral, minyak esensial, vitamin, enzim dan glikoprotein. Karena kaya akan bahan aktif yang sangat bagus, sehingga saat ini banyak penyembuhan modern yang menggunakan dan mencampurkan tanaman lidah buaya ke dalam produknya.

Terkadang lidah buaya juga sangat enak untuk dibuat jus dengan mencampurkan tanaman herbal lainnya yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Pada jus lidah buaya ini dapat memberikan beberapa efek seperti menenangkan iritasi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh ganguan tukang lambung dan kolitis.

Efek Samping Lidah Buaya

Dari semua manfaat yang dimiliki lidah buaya, bukan berarti tanaman ini tidak memiliki efek samping. Meskipun penggunaan gel lidah buaya sangat baik untuk kulit, tapi gel lidah buaya ini juga bisa memberikan gatal-gatal pada kulit seperti rasa terbakar. Berbeda dengan gel, bila mengkomsumsi lateks atau getah dari lidah buaya dengan jumlah besar dapat membuat sakit perut dan juga kram.

Bukan hanya itu saja, getah dari lidah buaya yang kamu komsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan diare, penurunan berat badan, masalah ginjal, kelemahan otot, darah dalam urin dan gangguan jantung. Ada baiknya sebelum menggunakannya baca terlebih dahulu informasi yang tertera pada kemasan produk lidah buaya yang kamu beli.

Semoga dengan semua penjelasan mengenai asal usul serta manfaat dari lidah buaya ini dapat memberikan kamu gambaran betapa berharganya tanaman ini dan terus menjaga kelestariannya. Terlepas dari semua manfaat yang diberikan, kamu juga harus hati-hati dengan pemakain yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *