Kenali Tanda-Tanda Penyakit Hanya Dari Warna Lidah Anda

Pernahkah anda mendengar bahwa ada beberapa bagian tubuh yang ternyata dapat dijadikan sebagai indikator kesehatan seseorang? Adapun salah satu contoh bagian tubuh tersebut adalah urin, kuku dan juga lidah. Ketiga bagian tubuh ini dipercaya dapat memberikan anda petunjuk mengenai kesehatan yang sedang terjadi pada tubuh anda baik itu melalui tes dokter maupun penglihatan orang awam.

Misalnya saja untuk lidah, warna pada lidah diketahui bisa dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui sehat atau tidaknya seseorang. Salah satu indera yang berada pada bagian dalam mulut ini berperan penting sebagai alat pengecap dan pendeteksi rasa pada makanan.

Jenis rasa yang biasa dideteksi oleh lidah ini antara lain: asam, manis, asin, pahit dan pedas. Lidah juga memiliki fungsi yang sangat penting, yang masih banyak orang yang tidak memperdulikannya bahkan lebih sering mengabaikan bagian yang satu ini.

Karena ketidaktahuan orang akan fungsi pentingnya, bagian tubuh yang satu ini menjadi sering kali terlupakan dari perhatian. Kebersihannya bahkan kerap menjadi tidak terjaga dengan baik. Banyak orang yang hanya peduli pada masalah kesehatan dan kebersihan gigi serta gusi mereka saja. Mereka lupa bahwa kesehatan mulut bisa terjaga dengan baik apabila kondisi lidah juga diperhatikan kesehatannya.

Warna Lidah Sebagai Petunjuk Kesehatan

Bakteri yang ada di dalam mulut biasanya masuk melalui permukaan lidah. Oleh sebab itu, lidah juga perlu diberi perawatan secara teratur dengan cara yang baik dan benar. Cara membersihkan lidah tidaklah sulit dilakukan. Anda cukup membersihkannya dengan menggunakan kain yang lembut.

Meskipun caranya semudah itu, namun tetap saja masyarakat malas untuk melakukannya. Kondisi kesehatan yang bisa dilihat dari indra pengecap seseorang ini biasanya ditunjukkan dari tekstur warnanya. Coba bayangkan, dari warnanya saja sudah bisa terlihat, apakah lidah tersebut sehat atau tidak.

Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi untuk pergi ke dokter memeriksakannya, terkecuali untuk berkonsultasi mengenai cara untuk mengobatinya.

Dari warna lidah ini juga lah anda dapat mengetahui kondisi tubuh, apakah tubuh anda tersebut sedang dalam keadaan sehat atau sedang menderita penyakit tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai warna lidah dan penyakit yang mungkin diderita oleh seseorang.

Lidah Berwarna putih

Lidah dengan warna putih atau keputih-putihan seperti ini biasanya mengidentifikasikan kalau orang tersebut sedang kekurangan darah. Masalah lain yang mungkin diderita oleh mereka yang memiliki lidah yang berwarna putih memiliki kemungkinan menderita penyakit tipus, influenza dan beberapa masalah kesehatan lain, yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Lidah Berwarna Merah

Warna lidah berikutnya yang bisa menjadi penanda kesehatan anda adalah lidah yang berwarna merah. Nah, untuk lidah kamu yang warnanya merah seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas menandakan kalau anda sedang mengalami demam dengan suhu yang tinggi.

Apabila warna merah pada lidah anda tersebut disertai dengan bintik-bintik merah, maka berarti ada kemungkinan kalau anda juga sedang bermasalah dengan penyakit liver.

Lidah Berwarna Kuning

Untuk warna lidah yang satu ini, anda enggak perlu terlalu khawatir ya guys, sebab mereka yang memiliki lidah berwarna kuning ini biasanya identik dengan mereka yang pecandu rokok kelas berat. Selain rokok yang menjadi penyebabnya, terlalu suka makan makanan pedas juga bisa membuat lidah anda berubah warna menjadi kuning guys.

Lidah Berwarna Ungu

Warna ungu pada lidah bisa menjadi suatu pertanda bahwa peredaran darah di dalam tubuh seseorang kurang lancar. Selain itu, warna ungu juga dapat menjadi pertanda bahwa orang tersebut sedang mengalami demam. Hampir sama denga lidah yang berwarna merah tadi, lidah orang demam dapat juga berubah menjadi warna ungu.

Lidah Berwarna Pink

Dari seluruh warna lidah yang sudah disebutkan di atas tadi, warna pink pada lidah adalah yang paling bagus. Bukan hanya karena warnanya, tapi karena warna ini memberikan pertanda yang baik untuk kesehatan anda. Lidah yang sehat umumnya akan berwarna pink. Berbeda lagi halnya jika lidah anda malah memiliki warna merah gelap, itu bisa menandakan kalau ada peradangan yang terjadi di dalam tubuh anda.

Dalam kasus yang lebih ekstrem, kondisi lidah seperti ini juga bisa menandakan bahwa anda menderita kanker. Selain berwarna merah gelap, ada juga lidah yang berwarna cokelat atau hitam. Warna lidah yang yang seperti itu biasanya diakibatkan karena orang tersebut kelebihan mengkonsumsi tembakau seperti yang sudah dijelaskan di atas pada lidah yang berwarna kuning.

Sementara itu lidah yang berwarna merah muda pucat menunjukkan adanya serangan demam berdarah. Jika ada lapisan putih tebal di sana, bisa jadi anda punya masalah pada organ hati dan kantong empedu. Nah, ketika lidah berubah biru atau ungu, segeralah untuk meminta bantuan medis.

Cara Menjaga Lidah Agar Tetap Sehat

Dengan adanya masalah yang terjadi seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, sekarang anda sudah tahu dan mengerti kan bahwa menjaga kesehatan indra perasa ini sangat lah penting dan dapat menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan tubuh yang sehat pula. Kalau begitu, bagaimanakah cara untuk mendapatkan lidah yang sehat itu? Berikut ini adalah cara untuk menjaga agar lidah tetap sehat:

1. Membersihkan Lidah

Melakukan pembersihan pada lidah merupakan cara yang sangat efektif untuk mendapatkan lidah yang sehat. Dimana kita bisa menggunakan alat pembersih lidah seperti sikat gigi atau alat lainnya seperti Scrapper.

Jika kamu memilih untuk membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi, maka pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu-bulu sikat yang lembut. Hal ini bertujuan agar nantinya pada saat melakukan pembersihan lidah tidak menimbulkan luka pada bagian tersebut.

Seorang ahli kesehatan yang berasal dari Stoneham, Massachusetts bernama Dr. Joseph Pizzarello pernah mengatakan bahwa cara terbaik untuk merawat lidah adalah dengan menggunakan pengikis lidah (scrapper), yang dapat digunakan untuk menghilangkan dan membersihkan bakteri dari permukaan lidah.

Dengan begitu, bagian mulut tersebut akan tetap bersih dan juga sehat. Selain itu, menerapkan scrapper pada lidah akan dapat membantu mencegah halitosis (bau mulut) serta berbagai masalah kesehatan mulut.

Lalu seberapa sering kita harus melakukan hal itu? Menurut Dr. Joseph Pizzarello, membersihkan bagian mulut tidak sama dengan menyikat gigi yang harus dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. anda bisa menerapkan scrapper untuk membersihkannya pada saat lidah terlihat kotor atau terdapat semacam lapisan berwarna putih yang menutupi permukaannya.

Saat anda membersihkannya dengan menggunakan scrapper, anda tidak perlu melakukannya dengan kasar (keras), karena nantinya dapat menimbulkan dampak yang buruk, seperti perdarahan pada lidah. Hal ini cukup dilakukan dengan lembut dan perlahan saja.

Berikut tips sederhana untuk membersihkan bagian lidah dalam upaya menjaga agar lidah tetap sehat :

  • Langkah 1 : Berkumurlah dengan air hangat, dengan tujuan untuk membantu melonggarkan lapisan putih dipermukaan lidah, sehingga nantinya akan mempermudah proses pembersihan. Pastikan untuk tidak menelan air kumur tersebut, karena hal itu akan meningkatkan resiko penyebaran kuman dan bakteri ke dalam tubuh.
  • Langkah 2 : Membersihkan seluruh lapisan atas lidah dengan menggunakan scrapper secara perlahan-lahan yang dimulai dari dasar lidah, yaitu dari arah belakang ke depan dan dari kiri ke kanan.
  • Langkah 3 : Menerapkan pasta gigi akan dapat membantu mempercepat proses pembersihan lidah. Oleskan pasta gigi pada permukaan lidah dan biarkan selama kurang lebih 90 detik.
  • Langkah 4 : Bersihkan kembali permukaan lidah anda hingga bersih dengan menggunakan scrapper.

2. Memperhatikan jenis makanan

Jenis makanan yang anda konsumsi juga sangat berpengaruh pada kesehatan lidah. Para ahli kesehatan mulut dan gigi sangat menyarankan agar anda mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan, seperti strawberry, apel, lemon, maupun jenis buah-buahan yang lain sebagai pencuci mulut.

Selain buah-buahan, para ahli kesehatan juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman prebiotik, seperti yogurt untuk membantu menghilangkan bakteri yang bersarang pada tubuh, terutama di bagian lidah.

3. Membiasakan diri untuk menyikat gigi atau berkumur setelah makan

Kebiasaan menyikat gigi setelah makan akan dapat membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal pada gigi penyebab gigi berlubang.

Akan tetapi, mungkin bagi sebagian orang, kebiasaan menyikat gigi setelah makan akan sangat sulit dilakukan. Beberapa alasan seperti tak ada waktu, atau hanya karena malas mereka utarakan untuk mencari pembenaran.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara praktis yang bisa dilakukan adalah dengan berkumur-kumursetelah makan. Kebiasaan ini bisa membantu anda untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan lidah.

Pada saat berkumur, sangat dianjurkan untuk menggunakan cairan antiseptik yang dapat menurunkan resiko terjadinya karang gigi serta dapat membersihkan bakteri maupun noda yang masih menempel pada lidah.

Dengan menyikat gigi dan berkumur setelah makan ini, juga bisa mengatasi masalah pada rongga mulut lainnya seperti penyebab bau mulut, faringitis dan sakit gigi.

4. Menghindari penggunaan aksesoris pada lidah

Di era modern seperti sekarang ini, penampilan merupakan salah satu hal yang akan selalu menjadi perhatian seseorang. Sehingga banyak kalangan terutama anak-anak muda yang melakukan berbagai cara untuk menunjang penampilannya tersebut.

Salah satunya adalah dengan menindik lidah daan menggunakan berbagai jenis aksesoris. Padahal hal semacam itu akan dapat membawa dampak berbahaya bagi kesehatan, seperti terjadinya resiko infeksi yang akan meningkatkan jumlah bakteri maupun kuman pada lidah.

Untuk itu, menghindari penggunaan tindik atau aksesoris lainnya sangatlah berguna untuk menjaga lidah agar tetap sehat. Tanpa anda sadari, menindik lidah dengan aksesoris ini bisa juga menyebabkan mulut terasa pahit dan kering

5. Menghindari konsumsi alkohol dan kafein

Bahaya alkohol dan bahaya kafein yang sering dikonsumsi oleh masyarakat ini sangat tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan pada bagian mulut anda. Hal ini akan menimbulkan terjadinya bau mulut yang kronis. Partikel-partikel yang terdapat dalam kedua senyawa tersebut dapat melapisi bagian dalam mulut, termasuk lidah.

Coba perhatikan orang-orang yang cenderung memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan kafein pasti akan cenderung memiliki gigi yang kuning serta bau mulut yang tidak sedap.

Bahaya minuman keras dan minuman berkafein ini juga bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti gejala asam lambung, penyebab jantung berdebar-debar, gejala tipes.

Jika anda peduli terhadap kesehatan tubuh anda, anda pasti akan mengusahakan apa saja untuk bisa menjaganya bukan? Nah, salah satu yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh anda tersebut adalah dengan cara merawat dan menjaga kebersihan indera pengecap atau lidah anda.

Jangan pernah menganggap sepele pada kesehatan lidah anda, karena kalau anda tidak menjaga kesehatan lidah anda dengan cara yang benar dan tepat, anda bisa terserang penyakit yang bahkan jauh lebih parah lagi. Kalau sudah begitu, anda mau tidak mau harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk pengobatannya.

Nah daripada harus menghabiskan uang anda untuk itu, kan lebih baik juka anda menggunakannya untuk hal-hal yang menyenangkan seperti berbelanja atau liburan misalnya. Oleh karena itu guys, mulai saat ini perhatikanlah kesehatan tubuh anda, terutama kesehatan lidah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *