Jangan Anggap Sepele, Garis Hitam Pada Kuku Bisa Menjadi Pertanda Penyakit Serius

Pernahkah anda melihat di kuku anda terdapat bintik berwarna putih? Pasti pernah kan? Fenomena munculnya bintik putih di kuku ini adalah sesuatu yang biasa terjadi.

Beberapa orang mempercayai kalau tanda putih pada kuku tersebut muncul karena beberapa hal, yang salah satunya adalah karena terlalu sering menulis dan ada juga yang mengatakan kalau bintik putih tersebut pertanda ada seseorang yang sedang menyukai anda.

Kalau menurut anda sendiri bagaimana? Setujukah anda dengan pendapat di atas? Atau apakah mungkin anda punya pendapat sendiri tentang hal ini?

Selain munculnya bintik putih, fenomena lain yang juga bisa muncul di kuku adalah garis yang berwarna hitam. Kalau yang satu ini, apa anda pernah mengalaminya atau melihat seseorang memilikinya?

Kalau anda menemukan tanda ini terdapat di kuku anda, maka berhati-hatilah, karena bisa jadi itu adalah pertanda buruk dari kondisi kesehatan anda. Kalau anda merasa penasaran dengan masalah kesehatan yang dimaksud tersebut, anda bisa membacanya pada penjelasan di bawah ini.

Kemunculan Garis Hitam Pada Kuku

Seperti yang telah disebutkan di atas tadi, kemunculan garis hitam pada kuku bisa menjadi pertanda dari masalah kesehatan pada seseorang. Itulah mengapa sangat penting bagi anda untuk selalu memperhatikan keadaan kuku anda.

Banyak orang yang menganggap sepele hal ini. Mereka tidak menyadari kalau kesehatan kuku juga sesuatu yang penting. Mungkin karena hal inilah banyak orang yang tidak menyadari perubahan yang terjadi di sana. Yah, misalnya saja garis hitam yang tiba-tiba muncul di kuku tanpa disadari.

Pertanda kesehatan seperti apakah yang bisa terlihat dari kemunculan garis hitam tersebut? Sebelum masuk ke dalam penjelasan yang akan memberikan anda jawaban atas pertanyaab di atas, akan jauh lebih baik lagi jika anda tahu dulu apa sebenarnya yang terdapat di dalam kuku sehingga bisa menjadi petunjuk penyakit tertentu.

Kuku Terdiri Dari Saraf dan Pembuluh Kapiler 

Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel yang mirip dengan gel lembut yang mati, mengeras dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari.

Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi untuk melindungi dari kotoran. Fungsi utama dari kuku ini adalah melindungi ujung jari yang lembut yang penuh dengan urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang, bukan protein.

Di bagian kulit bawah kuku tersebut terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah yang kuat, sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan air yang dimilikinya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata hanya sekitar 0,5 – 1,5 mm. Jika dilihat dari panjangnya pertumbuhan kuku empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kuku kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, maka pertumbuhan kuku akan menjadi sangat lamban dan rapuh.

Garis Hitam Sebagai Pertanda Melanoma

Tanpa anda sadari, kuku jari seseorang bisa memberikan beberapa informasi tentang apa yang sedang terjadi pada tubuh mereka secara keseluruhan.

Bila seseorang memiliki garis hitam atau gelap yang melintangi di kuku mereka, bisa jadi artinya adalah sesuatu yang normal atau bahkan bisa menunjukkan sesuatu yang lebih parah, seperti melanoma.

Tidak seharusnya satupun di antara anda yang mengabaikan perubahan yang terjadi pada kuku anda, terutama jika anda mendapatinya terasa sakit, berdarah atau sebagainya.

Apa Yang Menjadi Penyebab Kemunculannya?

Di dalam beberapa kasus, garis hitam yang muncul pada kuku kemungkinan disebabkan oleh melanoma. Sedangkan alasan yang paling umumnya adalah disebabkan oleh gejala yang dikenal sebagai melanonychia linier.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, garis-garis hitam ini biasanya akan muncul pada keturunan Afrika-Amerika yang berusia 20 tahun dan bisa lebih tua lagi.

Melanonychia linier ini dianggap sebagai variasi warna kuku yang normal. Kondisi ini terjadi ketika pigmen di kuku yang dikenal sebagai melanosit menghasilkan jumlah pigmen yang berlebih. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan kuku menjadi tampak gelap.

Menurut sebuah artikel yang terdapat di dalam jurnal Podiatry Today, diperkirakan ada sekitar 50 persen orang Afrika-Amerika yang mengalami kondisi ini.

Tak ada asap kalau tak ada api“, “tak ada akibat kalau tak ada sebab“. Hal yang sama juga terjadi pada fenomena kemunculan ‘blackline‘ pada kuku ini.

Penyebab munculnya melanonychia kuku ini sebenarnya kurang diketahui secara umum. Jadi tidak usah heran jika anda juga belum mengetahuinya. Tapi paling tidak, setelah membaca artikel ini, anda sudah tahu.

Nah, adapun yang menjadi penyebab dari melanonychia ini, antara lain:

  • Efek dari pengkonsumsian terhadap obat-obatan

Munculnya blackline pada kuku ini diyakini akibat seseorang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti misalnya obat kemoterapi, beta blocker, obat anti malaria, atau obat azidothymidine

  • Infeksi HIV 

HIV adalah retrovirus yang menginfeksi organ vital dan sel sistem kekebalan tubuh manusia. Virus berkembang dengan tidak adanya terapi antiretroviral (ART), yaitu terapi obat yang memperlambat atau mencegah pertumbuhan virus HIV baru.

HIV ditemukan di seluruh jaringan tubuh namun ditularkan melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi (air mani, cairan vagina, darah, dan air susu ibu).

  • Sindrom Laugier-Hunziker

Sindrom Laugier-Hunziker adalah kelainan yang jarang didapat, yang biasanya ditandai dengan hiperpigmentasi diffuse pada mukosa oral dan melanonychia longitudinal pada orang dewasa.

Tanda tersebut tampak seperti lesi makula berdiameter kurang dari 5 mm. Sindrom Laugier-Hunziker dianggap sebagai penyakit jinak tanpa manifestasi sistemik atau potensi ganas.

  • Lupus

Lupus adalah penyakit yang dapat menyebabkan kuku menjadi retak atau bahkan lepas. Warna kuku juga biasanya akan berubah dengan bercak-bercak biru atau merah.

Bercak-bercak ini muncul sebagai akibat dari peradangan yang terjadi pada pembuluh darah kecil, yang terdapat di bawah kulit kuku. Peradangan juga bisa mengakibatkan kulit di sekitar pangkal kuku terlihat merah dan bengkak.

  • Sindrom Peutz-Jeghers

Jenis sindrom yang satu ini adalah kelainan genetik dominan autosomal, yang ditandai dengan perkembangan polip hamartomatosa jinak di saluran gastrointestinal dan makula hiperpigmentasi pada bibir dan mukosa mulut (melanosis).

  • skleroderma

Skleroderma adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan pengerasan dan penebalan kulit, serta masalah pada organ dalam tubuh. Kondisi ini terjadi saat sistem imunitas tubuh menyerang jaringan ikat, sehingga kulit menjadi tebal atau keras.

Penyebab lain garis hitam di kuku ini adalah Hemorrhages splinter, yaitu bintik darah kecil yang muncul di bawah kuku. Mereka terlihat seperti serpihan dan terjadi ketika pembuluh darah kecil (kapiler) di sepanjang tempat kuku rusak dan pecah.

Hal ini terjadi saat pembuluh darah yang berada di bawah kuku rusak, yang seringkali terjadi karena kecelakaan atau ketidaksengajaan, seperti terbentur.

Selain itu untuk kasus yang lebih serius, garis hitam atau garis pada kuku ini bisa menunjukkan adanya melanoma, yang merupakan salah satu jenis atau bentukkanker kulit yang paling berbahaya.

Melanoma yang terdapat di bawah kuku ini dikenal sebagai melanoma subungual. Salah satu jenis melanoma yang cukup terkenal adalah acral lentiginous melanoma (ALM).

Menurut pedoman klinis yang diterbitkan di dalam Journal of Foot and Ankle Research, kira-kira  setengah dari jenis melanoma yang muncul di tangan dan kaki kebanyakannya disebabkan oleh ALM.

Apa-Apa Saja Gejala Yang Ditimbulkan?

Biasanya, kuku jari yang sehat memiliki beberapa ciri, yang diantaranya adalah terdapat punggung vertikal kecil di dalamnya, yang melengkung ke bawah kuku, permukaan kuku halus dan tidak terdapat bintik-bintik, warna kuku merah muda, permukaan tidak memiliki alur atau goresan-goresan.

Selain itu, kuku juga tidak rapuh atau tidak mudah pecah. Kalau yang disebutkan tadi adalah ciri-ciri dari kuku yang sehat? Lantas, bagaimana dengan sebagian orang yang memiliki garis hitam pada kuku mereka?

Karena tadi anda sudah membaca beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang menjadi penyebab munculnya garis ini, kini saatnya anda harus mengetahui beberapa gejala yang bisa ditimbulkannya.

  • Melanonychia linier

Bila seseorang memiliki melanonychia linier, biasanya pada kuku mereka akan muncul garis-garis gelap yang melintangi kuku. Garis ini kemungkinan akan muncul dengan warna yang berbeda-beda.

Adapun variasi warnanya adalah berkisar dari hitam sampai coklat tua dan abu-abu. Garis-garis ini biasanya akan muncul pada 2 sampai 5 kuku jari tangan.

  • Subungual melanoma

Jika seseorang ternyata mengembangkan penyakit melanoma subungual, biasanya garis yang muncul hanya terdapat pada satu kuku jari saja. Seringkali, orang yang memiliki tanda ini tidak menyadarinya.

Biasanya, garis hitam dari melanoma subungual ini akan menggelora atau melebar seiring berjalannya waktu. Terkadang, kuku akan terasa sakit atau berdarah.

Pigmentasi juga bisa meluas ke daerah dimana kuku jari tangan memenuhi kutikula. Ini dikenal sebagai tanda Hutchinson, yang seringkali merupakan indikator dari melanoma. Garis yang terbentuk ini bisa terjadi baik pada kuku jari tangan maupun kuku kaki.

Menurut jurnal Podiatry Management, diperkirakan ada sekitar 40 sampai 55 persen kasus melanoma subungual yang terjadi pada bagian kaki.

  • Pendarahan Splinter (Pendarahan Sempalan)

Perdarahan splinter muncul sebagai garis hitam kecil atau merah tua dan disebabkan oleh luka pada pembuluh darah kecil di bawah tempat kuku tersebut tumbuh atau berada. Luka tersebut biasanya akan sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Jika seseorang mengalami beberapa pendarahan sempalan di beberapa kuku yang berbeda, itu bisa menunjukkan kondisi yang mendasarinya.

Pentingnya Melakukan Diagnosis

Ketika anda menemukan keberadaan garis hitam ini pada kuku anda, tidak perlu panik dan khawatir. Jangan langsung menduga kalau anda sedang mengalami penyakit A, B, atau C.

Sebelumnya anda perlu melakukan proses diagnosis terlebih dahulu, untuk memastikan benar-benar kondisi kesehatan anda. Dan proses diagnosis tersebut harus dilakukan oleh sang ahlinya, yaitu dokter.

Saat bertemu dengan dokter, Dia akan mengajukan sejumlah pertanyaan terlebih dahulu pada anda. Biasanya sih pertanyaannya akan berkaitan dengan riwayat medis yang anda miliki.

Selama proses diagnosis, adapun beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan adalah meliputi:

  • Sudah berapa lama garis tersebut berada di kuku anda?
  • Kapan anda pertama kali menyadari keberadaan garis itu?
  • Pernahkah anda memperhatikan perubahan demi perubahan yang terjadi pada garis tersebut?
  • Apakah sebelumnya anda pernah mengalami trauma pada kuku yang mungkin menyebabkan perubahan ini?

Selain mengajukan sejumlah pertanyaan yang ada di atas, seorang dokter juga akan bertanya tentang obat-obatan yang kemungkinan sedang anda konsumsi.

Jika seseorang memiliki riwayat mengkonsumsi blood thinners (pengencer darah), yaitu jenis obat-obatan yang membantu mencegah pembekuan darah, seperti warfarin atau aspirin, ini bisa menjadi penyebab terjadinya pendarahan sempalan.

Bukan hanya mengajukan pertanyaan, jika diperlukan, dokter juga akan mengambil biopsi atau sampel dari area kuku pasien. Mereka akan mengirim biopsi ini ke ahli patologi, yang dapat mengidentifikasi apakah di sana terdapat sel kanker atau tidak.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebagian besar penyebab garis hitam yang muncul di kuku tidak memerlukan perawatan. Kecuali untuk Melanoma. Seorang dokter biasanya akan terlebih dahulu membuang area melanoma dan juga kulit yang ada di bawah kuku jari.

Seorang dokter juga bisa melakukan cangkok kulit di atas kuku untuk memperbaiki penampilan jari pasca operasi dilaksanakan.

Jika melanoma telah menyebar sampai ke tulang, dokter mungkin akan menyarankan anda untuk melakukan amputasi jari untuk menghentikan penyebaran melanoma tersebut.

Meskipun sebagian besar penyebab garis hitam kuku ini tidak memerlukan perawatan khusus, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkannya. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan rumah dan juga dengan penggunaan bahan-bahan alami yang mudah anda temukan di sekitar anda.

Apakah pengobatan rumah ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah garis hitam tersebut?

Untuk saat ini, baik itu naturopatis maupun ahli kesehatan modern menyatakan setuju bahwa sesuatu yang alami bisa menjadi beberapa solusi yang baik bagi kondisi kesehatan tertentu yang membutuhkan perawatan khusus, termasuk masalah yang menyebakan munculnya garis hitam pada kuku yang dibahas di atas tadi.

Yang pasti cara ini aman dan terjangkau untuk bisa anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa perawatan rumahan yang efektif untuk mengatasi black line:

  • Senantiasa Menjaga Kebersihan Kuku

Kebanyakan orang sering mengabaikan kebersihan kuku mereka. Anda harus tahu bahwa hal ini sangat penting untuk anda lakukan, terutama bagi anda yang bekerja di tempat-tempat yang bisa menyebabkan kuku anda menjadi kotor.

Mulai saat ini, cobalah untuk selalu membersihkan kuku anda dengan cara mencucinya setelah selesai melakukan pekerjaan. Gunakan alat atau bahan sterilisasi pada saat membersihkannya.

  • Memperhatikan Diet Yang Seimbang

Layaknya tubuh, kuku juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk bisa tumbuh dengan baik. Nutrisi ini tentu saja di dapat dari asupan makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan disampaikan melalui pipa kapiler darah yang terdapat pada kuku. Jadi, jika anda ingin melakukan diet, maka berdiet lah dengan cara yang sehat dan benar.

  • Menerapkan Minyak Kelapa Pada Kuku

Minyak kelapa memiliki 1001 manfaat kebaikan untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain bermanfaat untuk menutrisi kulit dan rambut, minyak kelapa juga bermanfaat untuk perawatan kuku sehari-hari.

Minyak kelapa juga kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku. Minyak kelapa mengandung lemak yang bermanfaat memberi kelembapan sehingga kuku terlindungi dari dehidrasi. Keunggulan lainnya, bahan makanan tersebut memiliki tekstur yang mudah terpentrasi dan bekerja lebih efektif.

  • Merendam atau Mengolesi Kuku Dengan Jus Lemon

Kegiatan merendam kuku jari tangan dan juga kaki ke dalam jus lemon segar dipercaya bisa membunuh bakteri, jamurdan mikroorganisme lainnya, yang bisa menyebabkan munculnya garis hitam pada kuku.

Jus lemon ini juga dipercaya bisa menghilangkan noda-noda kotoran yang terdapat pada kuku. Jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, anda juga bisa mengkombinasikan dengan bahan-bahan alami yang lain.

Ketika anda menemukan kuku anda dalam keadaan yang berdarah dan merasakan nyeri serta mengalami perubahan-perubahan tertentu yang tidak jelas penyebabnya, maka itulah saatnya dimana anda harus menemui dokter dan memeriksakannya.

Anda harus menemui dokter jika terjadi perubahan pada kualitas kuku anda, seperti misalnya terjadi penipisan, kuku retak, atau perbedaan bentuk (perubahan bentuk semula).

Kesimpulan

Sebagian besar garis hitam di kuku tangan dan kuku kaki tidak bersifat berbahaya. Namun, jika ternyata kehadirannya menandakan gejala dari penyakit melanoma, yang sebelumnya telah didiagnosis, maka kondisi ini memerlukan perhatian dan penanganan khusus dari anda dan dokter anda.

Menurut Journal of Foot and Ankle Research, melanoma yang terjadi pada kuku kaki memiliki prognosis yang lebih buruk daripada melanoma yang terdapat di tempat lain seperti pada kuku jari tangan misalnya, jika tidak sgera didiagnosis sejak dini.

Meskipun berbahaya, namun jika penanganan dan perawatannya dilakukan dengan benar, maka masalah kesehatan tersebut bisa diatasi denga baik.

Selain berkonsultasi ke dokter, sejumlah perawatan rumahan juga bisa dilakukan untuk mengatasinya. Beberapa diantaranya adalah dengan cara memperhatikan penjagaan kebersihan pada kuku, melakukan diet yang seimbang karena kuku juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa berkembang dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *