Bingung Kenapa Anda Bisa Merasa Lelah Sepanjang Waktu? Berikut Penyebabnya

Semua manusia pasti pernah merasa kelelahan. Ini merupakan kondisi yang terbilang wajar terjadi kepada siapa saja, mengingat manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki kehidupan yang harus dijalani. Kalau anda tidak pernah merasa lelah, kemi perlu menanyakan ‘apa dan siapa anda sebenarnya’. Bisa jadi anda bukan manusia.

Namun, jika kelelahan yang anda alami lebih dari yang dialami oleh orang-orang pada umumnya, maka bisa dibilang hal tersebut bukanlah sesuatu yang wajar dan perlu mendapatkan perhatian bahkan penanganan khusus dari anda. Kondisi seperti ini sama sekali tidak boleh anda abaikan begitu saja.

Normalnya orang-orang akan merasa lelah setelah melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu. Dan itu pun tidak terjadi setiap waktu. Tapi jika sepanjang hari anda terus saja merasa lelah, padahal tak ada aktivitas yang terlalu berat yang anda lakukan, maka ini bisa menjadi tanda dari sebuah masalah.

Penyebab Seseorang Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Sebagian dari anda mungkin pernah bertanya, “Mengapa saya bisa merasa sangat lelah sepanjang waktu?”. Jika demikian, maka anda berada di tempat yang benar saat ini. Artikel yang akan kami sampaikan kali ini bisa jadi bacaan yang sempurna dan anda butuhkan.

Kami akan menyampaikan beberapa alasan yang menjadi penyebab paling umum seseorang bisa merasa kelelahan sepanjang hari, serta apa-apa saja hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau mengatasinya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diketahui ada sekitar 15,3 persen wanita dan 10,1 persen pria di Amerika Serikat yang sering merasa sangat lelah atau kelelahan.

Sebelum masuk ke dalam penjelasan yang lebih jauh, anda harus tahu bahwa kelelahan berlebihan yang anda rasakan bisa menyebabkan berbagai masalah. Misalnya, 1 dari 25 laporan menunjukkan bahwa rasa lelah telah mengakibatkan pengemudi dewasa tertidur di mobil mereka setiap bulannya.

Bukan hanya itu saja, sekitar 72.000 kecelakaan dan 44.000 cedera setiap tahun terjadi sebagai akibat dari mengemudi dalam kondisi sedang mengantuk dan itu belum termasuk perkiraan 6.000 kecelakaan fatal yang disebabkan oleh pengemudi mengantuk tersebut.

Coba bayangkan berapa banyak orang yang akan anda rugikan jika anda mengemudi dalam kondisi lelah, yang pada akhirnya membuat anda mengantuk saat mengemudi? Pernahkah anda memikirkannya?

Merasa lelah pada waktu-waktu tertentu yang disebabkan seperti misalnya karena tidur terlalu larut, menonton acara TV sampai malam atau menghabiskan beberapa jam ekstra di tempat kerja pasti pernah dialami oleh semua orang. Tapi tak semua yang mengetahui penyebab munculnya kelelahan tersebut.

Dari banyaknya alasan atau penyebab yang membuat seseorang bisa merasa sangat lelah sepanjang waktu, kami merangkumnya menjadi beberapa yang paling sering atau umum terjadi di masyarakat. Adapun penyebab yang dimaksu tersebut antara lain:

1. Kurang Tidur

Salah satu penyebab yang paling sering embuat seseorang merasa lelah sepanjang waktu adalah dikarenakan mereka kekurangan waktu untuk beristirahat atau tidur. 1 dari 3 orang yang tinggal di Amerika Serikat mengaku tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan konsisten.

Kelelahan yang diakibatkan karena kurangnya waktu tidur ini bisa meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan, obesitas, tekanan darah tinggi, depresi dan juga penyakit jantung.

Menurut American Academy of Sleep Medicine dan Sleep Research Society, orang yang telah berusia sekitar 18 sampai dengan 60 tahun umumnya membutuhkan 7 atau lebih jam tidur setiap harinya untuk meningkatkan kesehatan optimal.

Jam tidur yang kurang atau di bawah jam tidur yang telah diharuskan atau direkomendasikan setiap malam tidak hanya akan menyebabkan kelelahan, gangguan kinerja dan resiko kecelakaan yang lebih besar melainkan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang buruk, bahkan peningkatan resiko kematian.

Jika anda ingin jam tidur anda tetap dalam kadar yang cukup dan tidak kurang dari yang diharuskan, yaitu 7 jam,  berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba lakukan untuk membantu mencapai jam tidur tersebut:

  • Pertahankan rutinitas tidur yang konsisten. Cobalah tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap paginya, bahkan di akhir pekan atau libur sekalipun.
  • Hindari tidur siang. Terkadang, banyak di antara kita yang ketika sedang jam istrirahat atau makan siang kantor lebih memilih untuk tidur dibandingkan dengan makan. Jika anda adalah salah satunya, maka besok-besok jangan lagi melakukan hal tersebut ya. Anda harus tahu kalau tidur siang akan mengurangi jumlah jam tidur yang kita butuhkan pada malam hari, yang mungkin akan menyebabkan anda menjadi sulit tidur dan mengakibatkan tidur yang terfragmentasi.
  • Batasi waktu bangun anda sekitar 5-10 menit. Jika suatu hari menemukan diri anda terbangun di tempat tidur dengan khawatir atau dengan pikiran yang tidak tenang, bangunlah dari tempat tidur anda dan duduklah dengan keadaan lampu yang redup (gelap) sampai akhirnya anda merasa mengantuk. Ketika sudah mengantuk, cobalah untuk kembali tidur.
  • Pastikan kamar tidur anda sepi, gelap dan dalam suhu yang nyaman. Ketahuilah, setiap cahaya yang masuk ke dalam kamar anda bisa mengganggu tidur anda. Pastikan ruangan anda tetap dalam kondisi yang gelap dan cahaya yang dipancarkan dari perangkat digital tidak terlihat. Suhu ruangan yang sejuk dianggap sebagai suhu yang baik untuk mempromosikan tidur daripada suhu yang lebih hangat.
  • Batasi minuman berkafein. Cobalah untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein setelah siang hari. Efek stimulasi kafein dapat berlangsung selama berjam-jam setelah anda meminumnya dan bisa menyebabkan masalah dengan waktu tidur anda.
  • Hindari mengkonsumsi rokok dan alkohol sebelum tidur. Merokok dan minum alkohol sebelum tidur bisa menyebabkan tidur yang terfragmentasi. Jadi sebisa mungkin hindarilah kedua hal ini.

Jika anda melatih semua kebiasaan tidur yang telah kami sebutkan di atas dan ternyata masih saja terbangun dengan perasaan yang lelah, maka sebaiknya anda segera menghubungi dokter anda untuk mendiskusikan kondisi anda.

Mereka akan memeriksa apakah anda memiliki masalah medis terkait tidur seperti insomnia, apnea tidur obstruktif, sindrom kaki gelisah atau mungkin yang lainnya.

2. Pola Makan Yang Buruk

 

Penyebab kedua yang sering mengakibatkan anda mudah kelelahan adalah pola makan anda yang tidak sehat. Ingat, cara termudah untuk menghilangkan rasa lelah adalah dengan melakukan penyesuaian terhadap makanan yang anda konsumsi. Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang bisa membuat menciptakan perasaan yang berbeda.

Untuk meningkatkan kesehatan anda dan mendapatkan semua nutrisi yang anda butuhkan untuk beraktivitas, serta menghilangkan kelelahan, hal yang sangat penting untuk anda lakukan adalah memilih bahan makanan yang sehat, seperti lima kelompok makanan berikut : buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein dan susu.

Kalau anda tidak percaya, anda bisa mengganti pola makan anda hari ini dengan menerapkan beberapa perubahan kecil seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini:

  • Konsumsi kalori dalam jumlah yang tepat. Langkah pertama untuk memiliki pola makan yang sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kalori yang tepat. Ini disesuaikan untuk jenis kelamin, usia, berat badan dan tingkat aktivitas yang anda lakukan. Jika anda mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak ataupun sedikit, bisa membuat anda merasa lesu.
  • Isi setengah piring anda dengan buah dan sayuran. Pastikan untuk fokus pada makan buah-buahan dan beberapa pilihan sayuran. Sejak dulu buah dan sayuran sudah terbukti mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
  • Pastikan anda mengkonsumsi biji-bijian setengah dari jumlah makanan yang anda konsumsi. Contoh biji-bijian yang bisa anda makan adalah meliputi beras merah, oatmeal, whole cornmeal, bulgur dan whole wheat flour. Anda bisa mengkonsumsinya secara bergantian atau memilih salah satu yang paling anda sukai.
  • Beralih ke produk susu yang rendah dan bebas lemak. Mengkonsumsi produk susu yang rendah atau bebas lemak akan membantu membatasi kalori anda dari lemak jenuh.
  • Variasikan rutinitas protein anda. Ada banyak sekali sumber protein yang bisa anda temukan di sekitar anda. Cobalah memilih unggas dan daging tanpa lemak, batasi daging olahan, pilih kacang dan biji-bijian, lalu pilih beberapa makanan laut omega-3. Makanan-makanan ini akan membantu anda mengatasi masalah kelelahan yang sedang anda alami.
  • Kurangi pengkonsumsian gula dalam jumlah besar. Tidak bisa dipungkiri memang kalau gula bisa memberi anda sedikit energi. Namun jika anda mengkonsumsinya terlalu banyak, cepat lambat anda akan merasa lebih lelah. Untuk itu, hindarilah makanan dan minuman yang banyak mengandung gula.
  • Jangan pernah melewatkan waktu sarapan. Melewatkan waktu sarapan secara teratur dapat menyebabkan anda kehilangan nutrisi utama dan energi yang anda butuhkan untuk memulai hari dan aktivitas anda.
  • Makan secara berkala. Pertahankan tingkat energi anda dengan makan sebanyak tiga kali sehari seperti yang dianjurkan dan membatasi makanan ringan yang tidak sehat.
  • Minum cukup air. Minum air putih diketahui dapat membantu mencegah anda terkena dehidrasi, yang berakibat pada kelelahan, tidak bisa berpikir dengan baik, perubahan mood, merasa kepanasan dan sembelit.

3. Gaya Hidup Yang Tidak Bersemangat

Ketika rasa lelah tengah melanda, duduk di sofa dan bersantai untuk beberapa waktu merupakan pilihan terbaik yang bisa kita lakukan. Akan tetapi, bergerak atau melakukan suatu kegiatan merupakan hal menyenangkan dan lebih baik lagi pastinya, karena bisa memberantas kelelahan yang anda rasakan dan membantu meningkatkan energi.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia (UGA) di Athena menemukan fakta bahwa dibandingkan dengan duduk tenang, melakukan latihan intensitas sedang, yang berlangsung setidaknya selama 20 menit bisa membantu meningkatkan energi anda.

Sebuah studi sebelumnya yang dilakukan oleh UGA juga menemukan bahwa ketika orang-orang yang tidak melakukan aktivitas apapun atau tidak melakukan program olahraga secara teratur, kelelahan mereka lebih meningkat dibandingkan dengan mereka yang sering melakukan aktivitas.

Panduan Aktivitas Fisik Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat menunjukkan bahwa semua orang dewasa memerlukan 2 jam 30 menit untuk malakukan latihan intensitas setiap minggu dan aktivitas penguatan otot yang bekerja pada semua kelompok otot utama tubuh selama 2 hari atau lebih dalam seminggu.

Mungkin kegiatan berolahraga ini akan memakan atau menghabiskan banyak waktu, namun anda bisa menggantinya dengan melakukan aktivitas lain sepanjang minggu.

Untuk mendapatkan sesuatu yang baik itu memang memerlukan pengorbanan. Jadi mau tidak mau, waktu anda untuk bermain, hang out dan sebagainya harus dikurangi. Semua tergantung pada pilihan anda.

Jika sebelumnya anda sama sekali atau sudah jarang berolahraga, maka untuk sementara waktu mulailah dengan melakukannya secara perlahan. Anda bisa memulainya dengan berjalan cepat selama kurang lebih 10 menit setiap harinya.

Jika anda sudah mulai terbiasa melakukannya, maka anda bisa menaikkan intensitas latihan anda menjadi 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Jalan cepat, aerobik air, mengendarai sepeda, bermain tenis dan bahkan mendorong mesin pemotong rumput merupakan beberapa latihan yang bisa anda lakukan jika anda tak punya banyak waktu untuk pergi ke tempat Gym. Bagaimana? Mudah sekali bukan?

4. Stres Yang Berlebihan

Stress bisa timbul kapan saja. Banyak situasi yang bisa menimbulkannya. Pekerjaan, masalah keuangan, masalah hubungan, peristiwa hidup yang besar dan pergolakan seperti pindah rumah, pengangguran dan kehilangan merupakan beberapa hal yang memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan stres yang dialami oleh seseorang.

Sedikit stres mungkin bukanlah sebuah masalah dan sebenarnya bisa membuat kita menjadi lebih waspada dan mampu tampil lebih baik dalam beberapa tugas, seperti wawancara. Tapi sayangnya stress yang seperti ini hanya berlangsung untuk waktu yang singkat.

Stres yang berlebihan dan berkepanjangan dapat menyebabkan kelelahan secara fisik dan emosional, yang berujung menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Stres yang anda rasakan akan membuat tubuh anda menghasilkan lebih banyak bahan kimia yang dikenal sebagai “fight-or-flight” yang dirancang untuk mempersiapkan tubuh anda ketika sedang dalam keadaan darurat.

Misalnya saja ketika anda sedang berada di dalam lingkungan kantor atau tempat kerja, dimana anda tidak bisa lari ataupun berkelahi ketika tengah diperhadapkan dengan situasi yang buruk atau tidak menyenangkan.

Dan karena hal tersebut, bahan kimia yang diproduksi tubuh anda untuk melindungi anda tidak dapat digunakan dan seiring waktu, dapat merusak kesehatan anda.

Jika tekanan yang anda hadapi membuat anda merasa lelah atau sakit kepala, migrain, atau otot tegang, jangan abaikan sinyal ini. Luangkan waktu untuk menenangkan dan menghibur diri sampai anda merasa lebih tenang, atau cobalah beberapa tips yang kami sediakan di bawah ini.

  • Identifikasi sumber stres yang anda alami. Sampai anda bisa mengenali apa yang menyebabkan stress yang anda rasakan, anda tidak akan bisa mengendalikan tingkat stres tersebut.
  • Membaca jurnal tentang stres untuk mengidentifikasi pola dan ciri-ciri umum yang ditimbulkannya.
  • Belajarlah untuk mengatakan tidak. Jangan pernah mengambil terlalu banyak pekerjaan atau mengiyakan apa yang disuruh orang lain untuk anda lakukan. Sadarilah kalau anda juga memiliki batasan dalam melakukan sesuatu.
  • Hindari orang-orang yang membuat anda stres. Jika ada seseorang dalam hidup anda yang menyebabkan anda sering mengalami tekanan yang signifikan, cobalah untuk tidak berlama-lama berada di kantor.
  • Komunikasikan kekhawatiran anda. Belajarlah untuk mengekspresikan perasaan dan kekhawatiran anda, bukannya malah menyimpan atau memendamya sendirian, karena hal tersebut malah akan semakin memperburuk keadaan anda.
  • Cobalah untuk melihat situasi dengan cara yang berbeda. Cobalah untuk melihat situasi stres dalam bentuk yang lebih positif. Misalnya, jika anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas, jadikan ini sebagai kesempatan anda untuk bersantai sambil mendengarkan lagu kesukaan anda.
  • Melihat gambar yang lebih besar. Pikirkan tentang masalah apa yang menjadi penyebab anda stres selama satu bulan. Apakah perlu disesalkan?
  • Menerima segala hal yang telah terjadi. Beberapa sumber masalah stres meliputi, penyakit atau kematian orang yang dicintai. Seringkali, cara terbaik untuk mengatasi stres tersebut adalah dengan mencoba dan menerima berbagai hal sebagaimana adanya.
  • Belajarlah untuk memaafkan. Kita semua manusia sering melakukan kesalahan. Lepaskan emosi anda, kebencian, dan energi negatif lainnya dengan memaafkan teman, keluarga, atau kolega dan teruslah berpikir positif ke depannya.

Aktivitas fisik seperti saat sedang berolahraga adalah pereda stres yang signifikan dan dapat melepaskan endorphin yang lebih baik.

Jika anda sedang merasa stres, cobalah untuk berjalan-jalan di taman sambil membawa hewan kesayangan seperti anjing anda keluar, atau mendengarkan musik dengan melakukan tarian kecil di dalam rumah.

Kondisi Medis Yang Terkait

Jika anda telah melakukan perubahan gaya hidup berkaitan dengan aktivitas fisik, diet, tingkat stres, dan tidur anda namun tetap saja merasa lelah sepanjang waktu, mungkin ada kondisi medis yang mendasarinya. Beberapa kondisi paling umum yang dapat menyebabkan kelelahan sebagai gejala utama meliputi:

  • Anemia
  • Tiroid kurang aktif
  • Diabetes
  • Kegelisahan
  • Depresi
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Infeksi saluran kemih
  • Intoleransi makanan
  • Penyakit jantung
  • Demam kelenjar
  • Kehamilan
  • Kekurangan vitamin dan mineral

Jika anda khawatir bahwa anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan anda gampang merasa lelah, cobalah untuk konsultasi langsung dengan dokter anda sesegera mungkin sebelum menjadi lebuh parah.

Kesimpulan

Lelah adalah suatu mekanisme perlindungan tubuh agar tubuh terhindar dari kerusakan lebih lanjut sehingga terjadi pemulihan setelah istirahat.

Istilah kelelahan biasanya menunjukkan kondisi yang berbeda-beda dari setiap individu, tetapi semuanya bermuara kepada kehilangan efisiensi dan penurunan kapasitas kerja serta ketahanan tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa kelelahan berperan penting dalam menjaga homeostatis (ketahanan) tubuh.

Dari banyaknya alasan atau penyebab yang membuat seseorang bisa merasa sangat lelah sepanjang waktu, kami merangkumnya menjadi beberapa yang paling sering atau umum terjadi di masyarakat. Adapun penyebab yang dimaksud tersebut antara lain:

  • Kurang tidur
  • Pola makan yang buruk
  • Gaya Hidup Yang Tidak Bersemangat
  • Stres Yang Berlebihan, dan
  • Kondisi Medis Yang Terkait

adalah beberapa penyebab yang dapat membuat anda gampang merasa kelelahan sepangjang hari. Jika anda terus-menerus merasa mudah lelah, segeralah untuk langsung menemui dokter anda untuk konsultasi dan memeriksakan langsung kondisi anda.

Sekian artikel kami mengenai kelelahan sepanjang hari tadi. Semoga dengan mengetahui beberapa penyebabnya, dapat membuat hidup anda lebih bersemangat lagi kedepannya dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *