PayPal, Layanan Transaksi Yang Paling Pas Untuk Yang Gemar Belanja Online

Kali ini kita akan membahas tentang sistem pembayaran PayPal. Mungkin banyak di antara anda yang baru pertama kali mendengar istilah ini.

Tapi tidak apa-apa, karena di artikel ini kami akan memberikan sejumlah informasi mengenai sistem pembayaran PayPal ini pada anda.

Pertama-tama, anda harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan paypal itu sebenarnya. Barulah anda bisa masuk pada kegunaan dan tata cara untuk melakukan transaksi paypal tersebut.

Secara sederhana, definisi PayPal adalah layanan “perantara” yang paling populer di dunia untuk pembelian sistem online, dimana MoneyGram dan wire transfer adalah standar di abad ke-20, yang saat ini lebih dari 170 juta pengguna internet beralih ke PayPal untuk mengirim uang melalui email.

Bisa dibilang kalau sistem pembayaran secara elektronik ini akan menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang.

Memiliki akun PayPal, sama seperti anda mempunyai rekening secara online yang dapat digunakan untuk membeli produk dan menerima dana dari orang yang mempunyai akun PayPal ataupun kartu kredit.

Sejauh ini, apakah anda sudah mengerti apa itu PayPal? Kalau masih belum mengerti, coba baca sekali lagi penjelasan di atas, mungkin anda bisa menjadi sedikit lebih memahami maksudnya.

Awal Mula Munculnya Paypal

Sejak dimulai pada tahun 1998, PayPal diketahui telah memiliki lebih dari 45% pembelian eBay melalui PayPal. Diperkirakan ada sekitar $ 7000 yang telah ditransaksikan setiap detik setiap harinya melalui sistem PayPal ini.

Sebenarnya, sejarah Paypal dimulai oleh sebuah perusahaan bernama Confinity yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada tahun 1998 yang lalu.

Secara resmi PayPal baru mulai diluncurkan sebagai layanan sistem pembayaran pada tahun 1999, yang didanai oleh John Malloy dari BlueRun Ventures. Setahun kemudian, pada bulan Maret 2000, Confinity bergabung dengan X.com besutan Elon Musk.

Kemudian di bulan Juni tahun 2000, PayPal terus mengembangkan diri dengan memperkenalkan tipe akun baru yang diperuntukkan bagi para pengguna bisnis.

Jenis akun ini khusus untuk pengguna yang membukukan volume transaksi tinggi dengan biaya fee untuk setiap transaksinya. Di akhir tahun 2001, lebih dari seperlima dari 12,8 juta akun PayPal sudah upgrade ke tipe bisnis.

Seiring dengan berjalannya waktu, Elon Musk dan jajarannya kemudian mengubah nama PayPal menjadi PayPal Inc dan resmi menginjak lantai bursa pada tahun 2002, dengan nilai $13 per lembar saham dan berhasil mengumpulkan investasi sebesar $61 juta.

Tak lama setelah IPO (Initial Public Offering), yaitu penjualan pertama saham umum sebuah perusahaan kepada investor umum, PayPal langsung dilamar oleh eBay pada bulan Juli 2002 dengan mahar sebesar $1,5 miliar. Kini, lebih dari 70% lapak di eBay menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran.

Mengapa PayPal Bisa Menjadi Sangat Terkenal?

Kalau dilihat dari perkembangan dari awal pertama kali kemunculannya hingga sekarang, ada beberapa hal yang membuat PayPal menjadi sangat populer, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Banyak digunakan, jadi ada keakraban dan kepercayaan yang kuat seputar layanan PayPal
  • Sangat mudah, karena yang perlu anda ketahui dan ingat hanya lah alamat email orang tersebut
  • Tingkat kerahasian terjaga atau aman. Paypal menjamin dan bisa menyembunyikan informasi perbankan dan kartu kredit anda dari pihak lain.

Cara Kerja PayPal

Sebagai media atau perantara, PayPal memungkinkan orang mengirim uang ke alamat email masing-masing, sekaligus menyembunyikan kartu kredit dan informasi perbankan dari masing-masing pihak tersebut.

Hal ini tentu sangat ideal untuk melakukan pembelian sejumlah barang dari orang asing dan juga untuk mentransfer uang ke orang atau rekening pribadi atau orang yang lainnya.

Mirip dengan layanan escrow, PayPal bertindak sebagai perantara pemegang uang. Melalui kebijakan, praktik dan integritas bisnisnya, PayPal telah mendapatkan kepercayaan dari kedua belah pihak.

PayPal menerapkan jaminan sehingga pembeli dan penjual memiliki jaminan bahwa uang atau barang mereka dapat dipulihkan, jika transaksi berubah menjadi atau berjalan tidak sesuai dengan keinginan.

Ini merupakan salah satu kelebihan, yang bisa membuat anda bisa mempercayai PayPal agar tidak menjadi situs scam. Intinya, kedua belah pihak dapat menghindari dokumen yang berurusan langsung dengan bank dan penyedia kartu kredit.

Syarat-Syarat Untuk Daftar PayPal

Sejatinya, tidak diperlukan persyaratan yang khusus untuk bisa mendaftar teknologi yang satu ini. Anda hanya perlu memenuhi beberapa syarat untuk bisa bergabung. Anda tidak perlu khawatir, karena persayaratannya tidak bersifat mempersulit anda.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus anda penuhi supaya bisa mendaftar menjadi anggota PayPal:

  • Memiliki alamat email yang valid. Karena semua sistem bersifat online, jadi hal pertama yang harus anda miliki adalah alamat email yang aktif.
  • Kartu kredit atau rekening bank yang valid. Anda tidak akan bisa melakukan transaksi dengan aplikasi ini jika anda tidak memiliki credit card ataupun rekening Bank.

Bagaimana? Terlalu ribet atau sulitkah persyaratan yang diminta untuk anda penuhi? Justru karena sangat mudah digunakan, PayPal menjadi aplikasi yang sangat digemari oleh jutaan orang, termasuk para penjual amatir dan banyak pembeli di seluruh dunia.

Bagaimana Cara PayPal Menghasilkan Uang?

Kalau dipikir secara logika, tentu tak ada bisnis yang berdiri atau dibentuk tanpa mengharapkan keuntungan. Begitu pula dengan PayPal, aplikasi pembayaran elektronik ini.

Tapi biarpun tujuan utama sebuah bisnis adalah meraup keuntungan yang besar, namun bukan berarti PayPal akan menguras seluruh uang anda. Kalau memang aplikasi ini seperti itu, akan sangat mustahil jika banyak yang sudah membuka akunnya di PayPal tersebut.

Sebagai perantara pemegang uang, PayPal menghasilkan banyak sekali keuntungan dengan hanya membebankan beberapa persen dari jumlah uang yang ditransferkan ke anda. Nah, dari situlah keuntungan yang diperoleh dan dari sana pula lah PayPal bisa menghasilkan uang.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca dan mengetahui sumber-sumber keuntungannya dari daftar yang ada di bawah ini:

  • Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini adalah karena PayPal tidak mengenakan biaya alias gratis untuk si pembeli barang. Begitu pembeli menyiapkan akun PayPal, maka tidak ada biaya untuk mengirim uang ke vendor. Dana ditarik dari kartu kredit pengguna atau rekening bank atau keduanya. PayPal tidak membebankan biaya pada pembeli untuk mengirim uang.
  • PayPal mengenakan biaya pada penjual barang dengan biaya 30 sen + (1,9% sampai 2,9%) sebagai biaya tambahan untuk menerima uang. PayPal hanya akan menagih anda untuk penerimaan sejumlah uang. Dengan menggunakan formula biaya tambahan khusus, PayPal akan menagih penjual setiap kali mereka menerima pembayaran dari pembeli.
  • Terkadang PayPal akan menagih anda untuk pengiriman uang ke teman atau anggota keluarga. Jika anda menggunakan rekening bank atau saldo PayPal untuk mengirim uang dan penerima bukan termasuk penjual terdaftar di PayPal, maka tidak ada biaya untuk mengirim atau menerima dana. Contoh: mengirim $ 500 ke anak anda saat dia di sekolah, atau memberi $ 75 ke klub paintball anda secara online.
  • PayPal mengenakan biaya tambahan untuk mengirim uang ke teman atau keluarga di luar negeri. Adapun biaya yang dikenakan adalah sekitar 2%.
  • PayPal melakukan biaya tambahan jika anda mengirim uang ke teman atau keluarga dari kartu kredit anda.
  • Dan yang terakhir, keuntungan PayPal didapat dari tabel biaya berikut ini:
    – Untuk menerima transfer di bawah $ 3000 USD, akan dikenakan biaya sebesar 2,9% + $ 0,30 USD.
    – Untuk menerima transfer $ 3000.01 sampai $ 10.000, biaya yang harus dibayarkan adalah 2,5% + $ 0,30 USD.
    – Untuk menerima transfer $ 10.000.01 sampai $ 100.000, jumlah biaya yang dicas adalah 2,2% + $ 0,30 USD.
    – Menerima transfer lebih dari $ 100.000, anda akan dikenakan biaya Paypal sebesar 1,9% + $ 0,30 USD.

Nah, karena kebanyakan pembebanan biaya diberikan kepada pihak penjual, maka penjual yang cerdas akan menaikkan harga mereka untuk mengimbangi tagihan ini.

Apa Saja Yang Bisa Kita Lakukan Dengan Menggunakan PayPal?

Kebanyakan orang yang belum bergabung di PayPal atau yang merupakan pemula hanya mengetahui bahwa paypal hanyalah sebuah akun pembayaran online yang sangat terkenal di seluruh dunia, yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran pada pembelian barang dari situs eBay.

Atau sebuah aplikasi yang membantu melakukan transaksi pembayaran pada aplikasi berbayar ataupun transaksi lainnnya yang dilakukan secara online.

Tapi terlepas dari itu semua, anda juga harus tahu kalau PayPal memiliki beberapa kegunaan. Selain cepat dalam proses pembayaran, akun ini juga terkenal sangat aman dari para hacking.

Secara umum, ada tiga kegunaan utama PayPal:

  • Untuk pembelian satu kali secara online. Misalnya, anda ingin memesan mesin kopi baru dari vendor online. PayPal adalah alternatif yang baik untuk menggunakan kartu kredit anda, karena anda dapat menyimpan informasi kartu anda agar tidak beredar secara online.
  • Untuk melanjutkan langganan online. Jika Anda ingin berlangganan Netflix atau layanan langganan online lainnya yang memerlukan pembayaran bulanan, maka PayPal adalah pilihan tepat. Anda bahkan dapat mengatur agar PayPal menarik langsung dari rekening bank anda dan bukan kartu kredit anda.
  • Mengirim uang ke teman atau keluarga. Misalnya saja anda ingin membayar beberapa uang tunai yang anda pinjam dari teman atau ingin mengirim uang ke anak anda yang berada di luar negeri dengan cara mentransfernya, PayPal bagus dalam transaksi ini.

Kekurangan Aplikasi Online PayPal

Namun, dibalik banyaknya keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini tentu memiliki beberapa kekurangan. Seperti layanan online pada umumnya, ada downsides dan harga yang harus anda bayar saat menggunakan PayPal. Inilah yang membuat terkadang orang-orang berpikir untuk bergabung dan menggunakan akunnya.

Adapun beberapa kekurangannya antara lain:

  • Tingkat mata uang PayPal sangat mahal

Jika anda orang Kanada atau Inggris, misalnya dan anda membeli barang dari vendor Amerika, nilai tukar yang akan dikenakan PayPal tidak hanya lebih mahal daripada kebanyakan bank, namun PayPal juga akan mengenakan biaya tambahan sebesar 2% untuk mengubah mata uang.

  • PayPal terlalu sensitif tentang resiko penipuan

Karena begitu sensitif terhadap penipuan, maka dengan cepat pihak mereka akan menutup akun PayPal jika memanga mereka mencurigai adanya kesalahan di dalam sistem yang berjalan.

Ini berarti, jika PayPal merasakan adanya resiko keamanan atau privasi, dengan segera mereka akan membekukan dana anda dan tidak memberi anda akses selama berminggu-minggu sampai anda dapat menyangkal tuduhan penipuan tersebut.

  • Dukungan telepon PayPal kurang gesit

Meskipun banyak pengguna telah mendapat dukungan yang sangat baik dari pihak PayPal melalui panggilan mereka, namun masih banyak pengguna lain yang melaporkan bahwa mereka kerap menjadi frustrasi karena kurangnya perhatian dan kurangnya pengetahuan dari staf telepon.

  • PayPal lebih mahal daripada alternatif lainnya

Dalam beberapa kasus, biaya yang dikenakan oleh PayPal memang terbilang sangat mahal atau lebih mahal dari yang lainnya. Interac e-transfer, misalnya, sedikit lebih murah untuk beberapa transfer lintas batas.

  • PayPal dituduh mengenakan biaya yang lebih banyak kepada pelanggan

Banyak yang mengatakan atau menuduh kalau pihak PayPal mengenakan biaya bunga, biaya keterlambatan dan biaya tambahan kecil lainnya kepada pelanggan. Meskipun tuduhan ini cepat diselesaikan dengan mengembalikan biaya tersebut kepada pelanggan, namun ini merupakan keburukan pada praktik bisnis masa lalu PayPal.

Seberapa Amankah PayPal?

Meskipun tidak ada sistem yang 100% bisa dipercaya, namun PayPal telah merancang banyak checks and balances ke dalam sistemnya untuk menjaga atau meminimalisir kesalahan dan kecurangan yang kemungkinan terjadi.

Anda tidak akan menemukan lembaga keuangan online lain yang melindungi pelanggannya lebih baik daripada PayPal. Sebenarnya, PayPal bisa dibilang terlalu sensitif dalam hal kecemasan penipuan, karena mereka tidak akan ragu untuk membekukan akun yang mereka duga sedang melakukan kecurangan.

PayPal dijamin akan dengan cepat melawan penipuan dan pencurian identitas. PayPal juga menjamin perlindungan 100% terhadap pembayaran yang tidak sah dari akun Anda.

Untuk membantu menghentikan pencurian identitas, setiap transaksi dikonfirmasi melalui email ke pemegang rekening PayPal. Setiap transaksi yang ingin anda sengketa akan memberi anda akses ke tim pendukung analis selama 24 jam yang akan menyelesaikan masalah anda.

Pembelian eBay juga bisa diasuransikan sampai $ 1000 melalui PayPal. Layanan yang disebut “Perlindungan Pembeli PayPal” adalah cara lain untuk memastikan bahwa penjual tertentu dapat dipercaya.

Tim Anti-Penipuan PayPal bekerja selama 24 jam dalam seminggu. Dengan menggunakan model resiko dan teknologi yang canggih, tim ini mampu mendeteksi dan memprediksi, aktivitas mencurigakan untuk membantu menghilangkan pencurian identitas.

Tugas satu-satunya tim anti-penipuan adalah membuat setiap transaksi PayPal menjadi seaman dan semudah mungkin.
Banyak tindakan keamanan PayPal lainnya yang membedakannya dengan layanan dari pesaingnya. Informasi situs PayPal memiliki tambahan kontrol seperti bukti pengiriman.

Bagaimana Cara PayPal Menarik Uang Pelanggan?

Di PayPal anda dapat memilih saldo saat ini (current balance) atau penarikan instan sebagai metode pembayaran anda. PayPal cukup fleksibel, ramah dan akan menawarkan kemudahan untuk anda. Anda bisa membiarkan PayPal menarik kartu kredit atau rekening bank anda hanya saat anda melakukan pembelian.

Setelah anda mengirim uang, PayPal akan segera mengirimkan dana tersebut dan kemudian akan menarik dana dari bank atau kartu kredit anda dalam dua hari kerja. Dengan opsi ini, anda tidak perlu mengeluarkan saldo PayPal langsung dan tidak ada biaya untuk menggunakan teknik ini.

Anda juga dapat mentransfer uang ke PayPal secara langsung dan meninggalkan uang itu di akun PayPal anda. Meskipun anda tidak akan mendapatkan bunga bank dengan metode ini, tapi anda akan merasa lebih mudah untuk memisahkan anggaran pembelian online dari kartu kredit reguler dan kartu kredit anda. Juga tidak ada biaya untuk menggunakan teknik ini.

Bagaimana caranya menarik uang dari PayPal?

Menarik uang dari PayPal itu mudah. Meskipun terbilang mudah, namuna nda tidak bisa menariknya langsung dari mesin bank. Sebaliknya, PayPal mengkredit kartu kredit atau rekening bank anda melalui jenis transfer kawat.

Setelah uang itu ditransfer ke rekening bank anda, barulah anda kemudian bisa menarik uang itu lagi. Sementara penarikan ‘PayPal’ ini tidak memerlukan biaya apapun, dibutuhkan waktu hingga 8 hari kerja agar transfer PayPal-ke-bank anda selesai.

Bagaimana Cara Mendaftar Akun PayPal?

Anda bisa memulai akun PayPal baru dalam hitungan meni saja. Pemeriksaan kredit awal sudah dilakukan oleh perusahaan kartu kredit dan bank anda. Anda hanya perlu mendapatkan PayPal untuk menghubungkan informasi tersebut ke alamat email Anda.

1. Pertama-tama, anda harus memenuhi persyaratan yang telah disebutkan di atas sebelumnya, yaitu memiliki alamat email yang valid dan dapat dipercaya, kartu kredit yang valid dan rekening bank yang valid.

Catatan sumber pembayaran 1 : Anda dapat memasukkan beberapa kartu kredit dan rekening bank untuk digunakan sebagai sumber pembayaran anda. Meskipun hanya satu dari sumber keuangan ini yang akan ditetapkan sebagai yang utama, Anda dapat mengalokasikan pembayaran dari sumber manapun kapan saja.

Catatan sumber pembayaran 2 : Bila anda mengirim pembayaran PayPal, PayPal akan mendebet sumber pendanaan utama anda dalam dua hari kerja. Jika melebihi batas kredit yang tersedia, Paypal akan mencoba debet kedua dalam hari kerja yang lain.

2. Memilih Jenis Akun PayPal Anda

  • Pilihan 1: Akun Pribadi PayPal

Ini adalah akun PayPal dasar yang memungkinkan anda membayar pembelian eBay dengan mudah. Anda bisa menggunakannya untuk mengirim dan menerima uang.

Anda bisa mengirim dana ke alamat email yang ada di 55 negara dan wilayah. Sebuah akun pribadi bahkan akan membiarkan anda menerima pembayaran jika anda menjual sesuatu melalui eBay.

Tapi kekurangannya, anda hanya dapat menerima pembayaran dari akun PayPal lain dan nda tidak dapat menerima pembayaran kartu kredit atau debit.

Tidak ada biaya untuk akun Pribadi atau transaksi yang anda lakukan. Namun, ada batas berapa banyak yang dapat Anda terima per bulan. Jika anda berencana menjual produk dengan volume tinggi, akun Pribadi mungkin terlalu terbatas.

  • Pilihan 2: Rekening Bisnis PayPal

Ini adalah kelas bisnis akun PayPal, paling sesuai untuk individu yang menjalankan bisnis online skala besar atau toko online. Akun bisnis memungkinkan anda beroperasi dengan nama bisnis anda dan menggunakan Pelaporan dan Alat eBay tanpa batasan ukuran transaksi.

Ini adalah pilihan terbaik jika anda mengharapkan Akun Utang yang kompleks. Ada fungsi luas bagi pemilik bisnis yang membantu mereka mengelola penjualan dalam jumlah yang sangat besar dengan mudah.

Setelah membaca dan mengetahui informasi tentang layanan PayPal di atas, apakah anda tertarik untuk menjadi salah satu anggotanya? Untuk anda yang memiliki bisnis, rasa-rasanya tak salah jika anda menggunakan sistem pembayaran elektronik yang satu ini.

Dan untuk anda yang bukan termasuk pebisnis atau hanya masyarakat biasa yang punya hobi belanja online, anda juga bisa mencoba layanan ini.

Selain mudah, tingkat keamanan terjamin, mana tahu anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Tapi ingat ya, kalau anda ingin membuka akun di sini, pastikan anda benar-benar sudah mengerti apa dan bagaimana sistem yang mereka gunakan. Hal ini bertujuan agar anda tidak menyesal dikedepannya. Dan satu lagi, pastikan juga anda punya rekening bank dan kartu kredit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *