Burung-Burung Ini Memiliki Kemampuan Luar Biasa, Mau Tau?

Burung adalah beberapa hewan yang paling luar biasa, beragam dan cerdas. Diperkirakan ada lebih dari 10.000 spesies burung, namun beberapa ada yang sangat menonjol dilihat dari bulunya, dll. Berikut 10 burung yang paling menakjubkan.

1. Fischer’s Turaco

Keluarga Turaco adalah sekelompok 23 spesies burung yang ditemukan di Sahara, Afrika. Burung-burung ini memiliki dua pigmen yang tidak ditemukan pada hewan lain, yang keduanya berbasis tembaga. Salah satu yang terindah dalam keluarga itu adalah turco fischer, dengan warna hijau dan merahnya yang menakjubkan. Spesies ini memiliki satu-satunya pigmen hijau yang disintesis oleh spesies burung manapun, karena burung hijau lainnya menggunakan refraksi cahaya untuk menghasilkan warna hijau.

2. Crested Auklet

Selain terlihat sangat aneh, burung ini juga unik karena mereka adalah burung paling ceria di dunia. Ditemukan di koloni-koloni besar di pulau-pulau di Laut Bering. Crested Auklet memiliki bau seperti jeruk busuk yang bisa tercium dari jarak hingga 6 mil. Para ilmuwan tidak tahu pasti mengapa Auklets memiliki bau, kemungkinan bahwa burung tersebut menggunakan bau  untuk kembali ke koloni dimana mereka dilahirkan.

3. Shoebill

Burung ini terkenal karena kesabarannya saat menunggu ikan. Seperti bangau, burung ini akan berdiri mati untuk menunggu mangsanya. Sementara, kebanyakan bangau menyerah setelah beberapa menit dan pindah ke tempat lain. Tidak dengan burung ini, mereka sanggup menunggu selama berjam-jam sampai saat yang tepat untuk menyerang.

4. Black Heron

Burung bangau hitam yang hidup di Sahara, Afrika ini menggunakan teknik cerdik yang dikenal sebagai “makanan kanopi”. Burung itu membungkus kepalanya dengan sayap, membentuk seperti payung. Burung bangau hitam biasa akan mengaduk-aduk ikan dan menariknya ke tempat teduh yang dibentuk oleh kubahnya. Dibandingkan dengan spesies heron lainnya, bangau hitam sifatnya sangat gelisah, terus melipat dan membentangkan sayapnya saat bergerak di sepanjang air. Bangau hitam biasa ditemukan di negara-negara yang panas, teknik berburu mereka juga membantu membuat mereka tetap teduh dan sejuk.

5. Southern Cassowary

Kasuari, yang ditemukan di New Guinea dan Australia, adalah burung terbesar ketiga di dunia (setelah burung unta dan emus) dan dianggap paling berbahaya. Meski mereka biasanya damai, mereka juga memiliki cakar 5 inci panjangnya yang bisa dengan mudah melukai seseorang cukup parah. Pada tahun 1926, sekelompok remaja berburu kasuari di Australia saat
tiba-tiba satu dari anak remaja tersebut terjatuh. Kasuari yang tadinya mereka kejar berputar arah dan dengan menggunakan cakarnya langsung mengiris anak laki-laki tersebut sampai tewas. Kemudian tahun 1990, ada 6 serangan lagi yang telah terjadi terhadap manusia dan menewaskan 1 orang.

6. Palm Cockatoo

Kakaktua dari Australia dan New Guinea ini adalah satu-satunya spesies burung yang menggunakan alat musik. Dengan gaya rambut liarnya, burung ini pasti terlihat bagian dari rocker. hehehe, untuk menarik perhatian betina, para jantan akan mematahkan tongkat, memangkas daun, kulit kayu dan memasukkannya ke pohon di dekat sarang yang telah dibuatnya. Begitu suara seperti drum berbunyi untuk menarik perhatian burung betina, burung jantan akan mematahkan tongkatnya menjadi serpihan dan menggunakannya untuk membuat sarang. Jika si betina menyetujui sarangnya, pasangan yang baru bahagia ini akan terbang untuk mencari makanan.

7. Superb Lyrebird

Ada banyak spesies burung yang sangat baik dalam menirukan suara burung lain, tapi lyrebird lebih hebat lagi lho. Burung yang banyak terdapat di Australia tenggara membuat semua spesies lain merasa malu dengan keberadaannya. Analisis dari suara yang mereka tiru adalah 70% untuk melindungi mereka dari burung predator. Selain menirukan lebih dari 20 jenis burung lainnya, Lyrebirds juga bisa menirukan sirene ambulans, anak kecil yang menangis, rubah, batuk, suara biola, klik kamera dan banyak suara lainnya.

8. Scooty Tern

Burung dara laut ini ditemukan di dekat samudera tropis di seluruh dunia, mungkin terlihat seperti burung laut rata-rata, tapi ada gaya hidup yang luar biasa. Hewan-hewan muda ini tidak menyentuh tanah sejak mereka pertama kali meninggalkan tempat berkembang biak mereka sampai mereka kembali empat atau lima tahun. Terbang ratusan mil dari darat, burung ini akan menukik untuk menangkap ikan dan cumi-cumi kecil sebelum terbang lebih tinggi. Ilmuwan masih belum tahu bagaimana burung-burung ini bisa bertahan sangat lama.

9. Emperor Penguin

Penguin terkenal karena kemampuan mereka untuk menyelam, namun banyak orang tidak menyadari betapa terkesannya kemampuan mereka. Menyelam tanpa pengaman yang dilakukan oleh manusia dilakukan sedalam 284 kaki. Penguin Kaisar mampu menyelam sampai lebih dari 600 kaki dan paling jauh sedalam 1.740 kaki. Pada kedalaman itu, mereka juga mampu menangkap mangsa di kegelapan. Dengan tiga lapisan bulu lebat yang terpisah, sirip yang kuat dan badan yang ramping, penguin kaisar dirancang dengan sempurna untuk berenang dan menyelam.

10. Kea

Kemungkinan besar burung yang paling cerdas dari semua burung adalah burung Kea. Burung yang masih keluarga dari burung beo ini asli dari Selandia Baru. Burung super cerdas ini tinggal di lingkungan yang keras yang telah melatih mereka untuk mendapatkan makanan. Mereka mampu menarik tuas, memutar dan menarik gerobak kayu. Dan, mereka juga sering terlihat seringkali meluncur turun di kaca depan mobil, atap rumah dan lereng sebagai tempat bermain mereka.

Sekian info tentang burung paling menakjubkan yang ada di seluruh dunia. Masih banyak lagi sebenarnya burung-burung di dunia yang mungkin lebih menakjubkan lagi jika kita telusuri. Tapi, gue cuma bisa kasih beberapa aja yang gue ketahui. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *